3 Maret 2014

Manfaat Erupsi Abu Gunung Berapi Untuk Pupuk Lahan Pertanian

Bencana sili berganti , Se akan-akan bercana terus berputar dan bergantian di kawasan negara indonesia ini. Bencana yang sering kita dengar dan akhir-akhir ini baru terjadi yaitu meletusnya gunung berapi di berbagai kawasan negara indonesia.

Dampak abu vulkanik yang di timbulkan akibat meletusnya gunung berapi, memang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia , tentunya bagian pernapasan . Abu Vulkanik jika di lihat dengan menggunakan mikroskop , abu tersebut sangat tajam dan runcing , jadi abu tersebut jika terlalu banyak terhirup akan dapat merusak paru-paru anda.

Erupsi Abu Gunung Berapi

Namun di balik itu semua tak selamanya erupsi abu vulkanik mejadi masalah , tentunya ada sisi positifnya bagi ladang pertanian kita. Abu Vulkanik dari Gunung berapi, kita dapat menggunakanya sebagai pupuk alami untuk tanaman.

Saya saat ini tinggal di yogykarta , tepatnya masih kuliah di Stmik Amikom Yogyakarta Semester 6. Waktu lalu rumah saya terkena erupsi hujan abu dari gunung kelud pada tanggal 14 Februari 2014. 

Saking tebalnya erupsi hujan abu dari gunung kelud , ketebalan abu di yogyakarta kurang lebih 3 Cm. Seminggu setelah terjadi ujan abu di Yogyakarta ,  saya mencoba mengumpulkan abu vulkanik di dekat rumah yang sudah basah terguyur oleh hujan. Saya mendapatkan 5 karung abu vulkanik di halaman rumah saya.


Lalu Bagaimana Mengolah Abu Vulkanik Menjadi Pupuk Alami ?

1. Kumpulkan Abu Vulkanik di dalam karung.
2. Abu Vulkanik yang masih baru tentunya harus di stabilkan dulu.

Cara Menstabilkan abu vulkanik :

a. Diamkan abu Vulkanik dalam karung selama kurang lebih 2-3 minggu.
b. Setiap 3 hari sekali , siramlah air abu vulkanik yang anda kumpulkan dalam karung tadi.

3. Setelah abu vulkanik sudah melalui tahap di atas , kini anda sudah dapat menggunakannya sebagai pupuk tanaman atau pupuk lahan sawah anda.


Cara memberi pupuk alami abu vulkanik pada tanaman Hias

1. Buka karung abu vulkanik yang sudah stabil. lalau ambil dengan cetok secukupnya untuk meberikan pupuk pada tanaman.



2. Taburkan abu vulkanik tersebut di dekat tanaman anda , taburkan di sekeliling tanaman tersebut.



Penyebaran Pupuk Di Sawah

Untuk penyebaran pupuk abu vulkanik di pekarangan sawah, anda tinggak sebarkan saja abu vulkanik tersebut di sawah anda. tentunya anda juga bunuh abu vulkanik yang cukup banyak untuk mempupuki semua area sawah anda.


Nah itulah tadi manfaat abu vulkanik untuk di jadikan pupuk alami. Sekian dulu yuah dari saya mengenai pemanfaatan Abu Vulknik untuk di jadikan pupuk yang bagus untuk tanaman , selamat mencoba.