3 Maret 2014

Asyiknya Berlibur di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Ada tempat yang perlu anda kunjungi jika anda sedang berlibur di Yogyakarta , Tempat wisata ini bernama "Tembi Rumah Budaya". Tembi Rumah Budaya adalah rumah dokumentasi dan informasi sejarah dan budaya serta tempat lahirnya karya kreatif berbasis budaya lokal yang berkualitas dan menjadi bagian jaringan masyarakat kreatif dunia.

Tempat ini mengenalkan berbagai ragam rumah jaman dulu , sehingga jika anda di tempat ini se akan-akan anda terbawa suasan saat jaman dulu yang masih asri dan tentunya anda akan menikmati suasana yang sejuk dan alami.

TeMBI RUMAH BUDAYA

Di Tembi Rumah budaya , kita dapat melihat model rumah-rumah jaman dulu . Dengan tembok yang masih terbuat dari kayu , di bagian atap masih memakai genting model lawasan kas yogyakarta.  Berikut ini adalah rumah di kawasan wisata Tembi Rumah Budaya.

Arsitektur Rumah Tembi


Sedikit mengenai Sejarah Tembi

Tembi Rumah Budaya (TRB) berdiri pada 20 Mei 2000, terletak di Jalan Parangtritis Km 8.4, Dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namanya menggunakan nama dusun tempat lembaga ini berada.

Semula lembaga ini bernama Lembaga Studi Jawa yang didirikan pada tahun 1995 oleh Bapak P. Swantoro, sejarawan dan mantan wartawan Harian Kompas, koran terbesar di Indonesia.  Kegiatan Lembaga Studi Jawa berfokus pada dokumentasi dan pengkajian budaya Jawa.

Dikutip Dari : Tembi.net

Bagi anda yang ingin sekedar menginap di Rumah Budaya Tembi , disana juga menyediakan tempat penginapan yang sangat bagus yaitu " BALE INAP " . Untuk bermalan di sana , anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Rate harga sewa bale inap mulai dari Rp 425.000-Rp 999.000,-.

Bale Inap Tembi


Di setiap bale inap tembi menyediakan sebuah kolam renang dengan pandangan hamparan luas sawah yang masih asri dan sejuk. Bagi anda yang ingin mencicipi kolam renang tersebut anda di kenakan biaya tambahan sebesar Rp. 20.000,-


Halaman dan pemandangan Tembi

Halaman Tembi Rumah Budaya sangat luas , jadi anda bisa jalan-jalan memutari kawasan tembi. Anda akan di suguhi berbagai rumah khas adat jawa tempo dulu. tentunya anda dapat mengabadikanya melalui sebuag Foto mauapun Video.


Tentunya sehabis jalan-jalan anda akan merasa lapar bukan ? pastinya anda tidak boleh ketinggalan dengan sajian kuliner khas tembi. Di tembi ada banyak pilihan makanan yang bisa anda pesan . apa saja sih ? berikut sajian khas tembi.

Makanan Khas Tembi

1. Iga Sapi


2. Gudeg Tembi


3. Bakmi Goreng


4. Baceman Tembi



5. Sambel tupeng pecel



Nah itulah tadi informasi dari saya mengenai Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. Bila anda sedang berlibur di yogyakarta jangan lupa mampir di desa tembi , saya jamin anda tidak akan nyesel. Untuk keterangan lebih lanjut simak berikut ini.

Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Jl. Parangtritis Km 8.4
Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul 55188, Yogyakarta
Telp: (0274) 368000, 368004
Buka setiap hari senin sampai dengan jumat.
Pukul 09.00 WIB-16.00 WIB.