2 Januari 2015

Tips Membeli Kelinci Untuk Pemula

Tips Membeli Kelinci Bagi Pemula - Kelinci adalah salah satu hewan pengerat, mamalia, dan malam yang sangat lucu. Selain lucu dan menggemaskan, kelinci juga sangat mudah berkembang biak. Hampir setiap bulan kelinci yang sudah cukup umur mampu hamil dan beranak.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sebuah tips untuk memilih atau membeli kelinci untuk anda yang masih pemula. Tips membeli kelinci yang saya share di sini adalah pengalaman pribadi saya ketika saya dahulu masih belum tahu kelinci yang bagus dan berkualitas itu seperti apa?

Tips Membeli Kelinci Untuk Pemula

Dan kini saya sudah menjadi peternak kelinci, di rumah saya memiliki kelinci berbagai jenis dari kelinci lokal, hias dan pedaging antara lain yaitu kelinci rex, fuzzy lop, holland lop, angora, hotot, giant, duth dan masih banyak lagi tentunya.

Nah, bagi anda yang baru atau ingin membeli kelinci untuk menjadikanya peliharaan di rumah atau ingin menjadi peternak kelinci, alangkah baiknya anda membaca tips-tips yang saya bagikan untuk anda di bawah ini.

Tips Membeli Kelinci Untuk Pemula

1. Pilih kelinci yang anda suka dan tentukan tujuannya, apakah buat piaraan sehari-hari, breeding atau buat show.

2. Persiapkan kandangnya terlebih dulu beserta perlengkapannya (botol minum + tempat makanan). Sambil mempersiapkan kandang beserta perlengkapannya, cari tau keberadaan peternak dan cari info tentang reputasi peternak tersebut agar anda mendapat kelinci yg bagus. 
 
Periksa kandang peternak,jika kandang mereka jorok/kotor,maka anda patut curiga terhadap kualitas yang diberikan. kenapa? Karena bagaimana kelinci yang bagus dan berkualitas apabila untuk kebersihan kandang saja sudah tidak diurus.

3. Belilah kelinci yang usianya minimal 3bulan. Karena usia ini sudah cukup tahan terhadap penyakit. Jika beli sudah usia 4bln, sebaiknya dipisahkan antara jantan dan betina.

4. Periksa kesehatan kelinci secara seksama (bentuk tubuh, bulu, kebersihan) periksa bagian kuku, telinga, hidung tidak terkena penyakit kulit. Bagian pantat harus terlihat bersih, tidak ada bekas diare, nafsu makan baik, telinga terasa hangat, hidung bersih. Cek fisik, apakah ada yang cacat.

5. Jika beli dalam kondisi hamil, tanyakan tangal kawinnya (lama hamil 30-32 hari). Tujuannya untuk bisa mempersiapkan kotak lahir dan penempatan tidak terlambat. Disarankan tidak membeli kelinci dalam keadaan hamil jika akan dibawa perjalanan jauh.

6. Sebaiknya membeli kelinci yang jelas indukannya agar terjaga kemurnian silsilah dan keturunannya dan mudah beradaptasi.

7. Tanyakan makanan apa yang diberikan selama di farm/kandang, untuk memudahkan adaptasi makanan ketika kita pelihara.

8. Ketahui makanan yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan bahkan menyebabkan kematian pada kelinci, sehingga wajib dihindari dan perhatikan juga cara penyajiannya. (jangan sekali-kali memberi makanan dalam keadaan segar atau makanan yg diambil langsung dari almari es, pakan yang mengandung gas, pakan yang mengandung air)

9. Penyajian makanan/hijauan/rumput2an diupayakan dalam keadaan layu dan yang terpenting terbebas dari bakteri dan getah hijau2an/rumput/an.

10. Perhatikan jadwal makan dan takarannya. Selalu disiplin pada jam makan.

11. Selalu sediakan air untuk minum. Sebagian orang menganggap kelinci tidak butuh minum/air. Itu adalah anggapan yang keliru dan menyesatkan. Bagaimanapun juga,kelinci adalah mahkluk hidup dan mahkluk hidup butuh air dalam siklus kehidupannya.

12. Tempatkan kelinci pada tempat teduh dan jangan terkena panas atau sinar matahari langsung! karena dapat menyebabkan dehidrasi bahkan kematian. Tempatkan kandang ditempat yang teduh dan tidak terkena angin secara langsung, terutama malam hari. Jangan terkena air hujan, karena dapat menyebabkan penyakit kulit seperti scabies.
 
Itulah tadi sedikit Tips Membeli Kelinci Untuk Pemula dari saya semoga bermanfaat. Baca juga artikel tentang harga kelinci terbaru untuk menyesuikan budget uang anda di - Daftar Harga Pasaran Kelinci di Indonesia Paling Terbaru.