16 September 2014

Jurus Jitu Menawar Harga Murah Smartphone

Membeli smarphone di pusat pasar gadget sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan membeli buah di pasar tradisional.

Tetapi karena biasanya seorang pedagang gadget lebih sulit untuk kita “rayu”, jelas seperti yang kita tahu seorang pedagang gadget pada umumnya belum tentu sehari dapat menjual 5 sampai 10 barang dagangannya, bisa kadang sehari tidak ada yang beli.

Karena itu mereka sering mengambil keuntungan yang besar dari pada seorang pedagang buah, yang dagangannya bisa ludes dalam sehari.

Jurus Jitu Menawar Harga Smartphone

Ada trik atau jurus untuk menawar harga ketika anda sedang membeli smartphone di konter atau atau toko gadget.

Ketahui jurus-jurusnya agar anda tidak “dirampok” habis-habisan oleh pedagang gadget yang tidak tanggung-tanggung dalam mengambil keuntungan.

1. Cari referensi
Sebelum anda terjun langsung ke toko gadget, lebih baik anda mencari referensi harga smartphone yang ingin anda beli, mulai dari internet, majalah gadget atau teman yang memiliki gadget yang sama. Ini berguna sebagai patokan ketika anda menawar nanti. Setelah anda tahu, baru deh anda pergi ke tokonya.

2. Jangan to the point
Anda harus santai ketika anda membeli smartphone, meski hati anda sudah berdebar ketika menemukan smartphone dambaan, apalagi warnanya yang sesuai dengan yang anda idam-idamkan.
Jangan memperlihatkan bahwa anda sangat menginginkan smartphone yang anda mau. Tanya terlebih dahulu  smartphone lain yang kira-kira harganya sedikit lebih murah dengan smartphone yang anda inginkan, pura-pura menawar, setelah itu baru beralih menanyakan smartphone yang anda inginkan.

3. Jangan  terpaku pada satu toko
Setelah anda tanya harga smartphone yang anda inginkan, kemudian anda tawar lagi, kalau sesuai ya silahkan anda beli. Tapi kalau si pedagang tidak mau menurunkan harga yang anda inginkan lebih baik cari toko lain. Toh kalau sebenarnya harga yang anda tawar sebenarnya si pedagang setuju, tapi dia hanya pura-pura keberatan pasti manggil buat balik ke tokonya dan menyetujui penawaran anda.

4. Minta bonus
Jika si pedagang setuju, coba mintalah bonus dengan menanyakan aksesoris seperti screen guard. Kalau misalnya harga smartphone yang anda tawar 900ribu, dan harga aksesoris 60 ribu. Anda tawar lagi, “950ribu tapi sama screen guardnya ya mas”. Kalau boleh kan lumayan udah dapat potongan harga 10ribu untuk harga screen guard-nya.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Goresan Pada Layar HP.

Setelah anda berhasil menawarnya, jangan lupa tanyakan garansi. Perhatikan ketika pedagang membuka kardus, minta cek segel untuk meyakinkan bahwa smartphone benar-benar masih tersegel dengan baik atau tidak.

Tanyakan juga aksesoris bawaannya apa saja, umumnya sih hanya charger dan headset, perhatikan ketika pedagang membongkar smartphone, jangan sampai anda terkecoh karena biasanya pedagang yang usil suka diam-diam menukarkan aksesoris bawaan asli dengan aksesoris bekas dalam keadaan rekondisi.

Jika anda adalah seorang pegawai kantoran, anda bisa install aplikasi untuk mendukung kegiatan kantor anda di Aplikasi Android Wajib diInstall oleh Pegawai Kantor.

Install juga aplikasi LACAKuntuk antisipasi ketika smartphone anda hilang atau dicuri, cara kerja dan download-nya dapat anda baca di Aplikasi Pelacak Smartphone Android Saat Hilang.

Dan mungkin suatu saat nanti anda akan bosan dengan smartphone anda, jangan sampai harga jual jatuh rendah dari harga beli. Mau tahu trik menjual smartphone agar harga tetap tinggi? Cek di Tips Jual Smartphone Agar Harga Tetap Tinggi.