16 September 2014

Apps Android Untuk Menyembunyikan File/Gallery

Apakah anda pernah merasa kurang nyaman ketika smartphone anda berpindah tangan atau sedang dipinjam teman karena ada file atau sesuatu yang bagi anda adalah sebuah privasi dan tidak boleh diketahui oleh orang lain?

Jika ya, sebaiknya anda amankan dengan menyembunyikan file privasi tersebut dengan aplikasi-aplikasi android yang dapat anda pilih sebagai pengaman file privasi anda.

Metode atau cara penyembunyiannya hampir sama yaitu menggunakan password, jika anda ingin membukanya anda harus memasukkan password sesuai yang telah anda atur. Jadi selain anda, tidak akan ada orang lain yang dapat membukanya.

Apps Android Untuk Menyembunyikan File dan Gallery

Mari kita lihat-lihat apa saja sih aplikasinya? Cekidot!

1. Gallery Lock
Aplikasi ini dapat menyembunyikan gambar maupun video pribadi anda. Dengan kelebihannya yang dapat mengunci file dengan password.

Jika anda menginstall yang versi pro atau full version, maka akan anda dapatkan fitur lebih seperti mengkondisikan pada mode siluman (shortcut/icon aplikasi tidak akan ditampilkan pada menu) dan untuk membukanya anda tinggal mengetikkan nomor panggilan sesuai password yang sudah diatur dengan diawali kode (*) tanpa tanda kurung.

Ada fitur yang cukup menguntungkan, aplikasi ini akan otomatis mengaktifkan kamera depan dan memotret orang yang berusaha membuka namun melakukan kesalahan berkali-kali, sehingga anda akan tahu, siapa orang sekitar anda yang paling “kepo”.

2. Gallery Vault
Tidak jauh berbeda dengan Gallery Lock. Aplikasi ini juga dapat memberikan fitur yang hampir sama dengan Gallery Lock. Perbedaan yang mencolok ada pada tampilannya, jadi anda bisa memilih, mana aplikasi penyembunyi galery yang paling nyaman tampilannya. Anda boleh coba keduanya agar dapat menentukannya.

3. Hide It Pro
Mungkin teman-teman anda yang “kepo” akan menjelajahi apapun yang ada di smartphone anda untuk mencari tahu apa rahasia anda. Namun itu hanya sia-sia, dengan aplikasi Hide It Pro karena anda dapat menyembunyikan media seperti video, photo dll di dalam satu folder tersembunyi.

Meski disembunyikan, anda tetap dapat mengatur dan memilah-milah file sesuai kategori, karena didalamnya anda dapat membuat folder. Dan juga anda dapat melakukan slideshow, sehingga ketika ingin menikmati galeri anda tidak perlu melakukan slide secara manual.

4. Vault
Yang satu ini mungkin cukup memiliki kelebihan yang mencolok, meski kelebihannya tidak semua orang memerlukannya, tapi bagi anda yang memiliki rahasia yang cukup tinggi dapat anda gunakan aplikasi Vault ini. Kelebihan mencolok yang saya maksud adalah aplikasi ini dapat menyembunyikan riwayat panggilan, SMS, kontak dan file penting lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki fitur seperti Gallery Lock yang dapat memotret orang yang berusaha masuk dengan melakukan kesalahan password berkali-kali.

5. Video Locker
Yang ini cocok bagi anda yang suka menyimpan video rahasia, entah video apa pokoknya rahasia. Anda dapat menyimpannya sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, yaitu dengan mengunci dengan password. Meski ada orang lain yang mencoba melepas micro SD atau memory eksternal anda, tetap video anda tidak akan terlihat.

Karena smartphone adalah alat sebagai asisten pribadi kita yang fleksibel, maka dengan smartphone pula karakter hingga rahasia kita dapat diketahui oleh orang lain jika kita tidak pintar-pintar menyembunyikannya. Dengan aplikasi-aplikasi diatas, maka anda tetap dapat menjaga privasi anda.
Semua aplikasi diatas dapat anda unduh langsung di Google Play Store.