5 Oktober 2014

10 Pilihan Aplikasi Al-Qur’an untuk Android

Kefleksibelan smartphone terbukti dari berbagai aplikasi yang dapat dijalankan olehnya, tentunya adalah aplikasi yang dapat mendukung berbagai akitfitas sehari-hari, jadi memungkinkan bagi para pengguna smartphone untuk tetap melakukan aktifitas yang mungkin tidak sempat dilakukan.

Seperti aplikasi untuk menghitung keuangan, berbagai aplikasi yang dapat membantu aktifitas kecil ini meskipun anda tidak memiliki waktu untuk itu, seperti yang telah helloridwan bagikan dalam artikel 4 Aplikasi Android Membantu Mengatur Keuangan.

Bagi umat muslim, Al-Qur’an adalah sebuah kitab suci yang digunakan sebagai panduan, petunjuk dan pegangan dalam setiap menjalani kehidupan. Karenanya umat muslim diwajibkan untuk rutin membaca Al-Qur’an agar kehidupan lebih tertata dan tetap pada jalan yang benar.

Namun di dunia modern seperti sekarang ini, kesibukan pekerjaan atau aktifitas lain membuat orang mengesampingkan urusan akhirat, seperti lupa beribadah dan membaca kitab suci.
 
10 Pilihan Aplikasi Al-Qur’an untuk Android

Telah hadir aplikasi Al-Qur’an yang dapat dijalankan di smartphone android, dengan begitu tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca Al-Qur’an meski ditengah kesibukan walaupun hanya satu ayat saja agar anda (sebagai umat muslim) tidak melupakan kewajiban sesungguhnya di kehidupan ini.

1. iQuran
Aplikasi Al-Qur’an ini memiliki tampilan yang rapi, tata letak menu yang mudah dimengerti sehingga dapat membuat para penggunanya merasa lebih betah untuk membaca setiap ayat Al-Qur’an.

Selain itu, bahasa yang digunakan iQuran adalah bahasa Indonesia, jadi bagi anda orang Indonesia, aplikasi ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda.

2. MyQuran Indonesia
Seperti iQuran, aplikasi ini juga memakai bahasa Indonesia pada setiap menunya, sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga dibuat developer Indonesia. Terdapat pula terjemahan ayat Al-Qur’an dalam bahasa Indonesia.

3. Al-Quran Al-Hadi
Pusat kajian hadis adalah pengembang dari aplikasi Al-Qur’an ini. Aplikasi ini dapat membantu dan memudahkan anda untuk memahami ayat Al-Qur’an, karena aplikasi ini dilengkapi dengan indeks tematik dan kajian ayat.

4. Complete Quran
Jika anda menginginkan aplikasi Al-Qur’an dengan tampilan yang sederhana, Complete Quran Indonesia adalah pilihan yang tepat. Anda pun dapat mengatur tampilan latar sesuai dengan kenyamanan, ada dua pilihan, putih dan soft krem. Silahkan anda tentukan mana yang paling nyaman.

Seperti aplikasi sebelumnya, Complete Quran Indonesia juga memakai bahasa Indonesia, beserta terjemahan bahasa Indonesia di setiap ayat Al-Qur’an.

5. Quran Terjemahan
Aplikasi ini juga memakai bahasa Indonesia, namun ada kelebihan yang mungkin cukup bermanfaat bagi anda yang berniat ingin menghafal setiap ayat Al-Qur’an. Karena didalamnya terdapat fitur repeat serta audio murattal yang dapat anda unduh setiap ayatnya.

6. Quran Reader
Bagi anda yang memiliki mata minus, yang kurang jelas apabila melihat tulisan kecil. Aplikasi ini adalah rekomendasi yang tepat. Karena Quran Reader memiliki tampilan yang berbeda dari yang aplikasi Al-Qur’an lain, yaitu menampilkan satu ayat dalam satu halaman. Keuntungannya adalah tulisan ayat beserta terjemahan tampil dengan ukuran yang lebih besar.

7. Ayat: Holy Quran
Untuk anda yang terbiasa dan lebih nyaman membaca ayat Al-Qur’an dengan tampilan khas Al-Qur’an. Anda dapat menginstall aplikasi ini untuk anda jadikan sebagai aplikasi Al-Qur’an di android anda.

Dengan tampilan khas Al-Qur’an karena memang mengambil dari tampilan Al-Qur’an versi cetak.

Terdapat pula tiga pilihan Mushaf, antara lain Mushaf Tajwid, Mushaf Al-Madinah dan Mushaf Warsh. Silahkan pilih sesuai keinginan. Terjemahan bahasa Indonesia pun terdapat didalamnya.

8. Beautiful Quran
Seperti namanya, aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup menarik. Dengan tema yang dapat anda sesuaikan dengan kenyamanan. Ada tiga tema yang dapat anda pilih, White, Black, dan Mushaf.

Selain itu aplikasi ini juga sangat mendukung bagi anda yang ingin mempelajari arti dari setiap kata ayat Al-Qur’an karena aplikasi ini memiliki fitur terjemahan pada setiap kata pada ayat Al-Qur’an.

9. Quran Android
Hampir sama dengan aplikasi Ayat: Holy Quran, dengan tampilan khas Al-Quran karena mengambil langsung dari Al-Qur’an versi cetak.

Anda pun dapat mengembangkan sendiri ataupun berkontribusi dalam pengembangan aplikasi ini karena Quran Android adalah aplikasi open source.

10. iAndroid Quran
Aplikasi ini mengadopsi warna biru sejuk sebagai tampilan latar, sehingga diharapkan para pengguna tidak cepat merasa lelah pada mata karena lama menatap layar.

Tampilan pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain.

iAndroid Quran juga seperti Quran Android yang dapat dikembangkan sendiri dengan menggunakan kode sumber aplikasi karena aplikasi ini juga termasuk aplikasi open source.

Aplikasi lain yang dikhususkan bagi umat muslim selain aplikasi Al-Qur’an adalah aplikasi untuk membantu ibadah haji. Ulasannya dapat anda lihat dalam artikel Aplikasi Smartphone Untuk Membantu Ibadah Haji.