15 Oktober 2014

Hannah Arendt Teoretikus Politik Jerman Muncul di Google Doodles

Hannah Arendt Google Doodles, Kembali google memperbarui tampilan logo Google Doodles pada halaman pencarianya. Kali ini google ikut merayakan ulang tahun politikus asal jeman ke 108thn, yaitu Hannah Arendt.

Lalu siapakah Hannah Arendt, hingga Google menampilkan dirinya pada logo mesin pencari? Pastinya anda penasaran bukan dengan Hannah Arendt Teoretikus Politik asal Jerman ini? Yuk! kita ulas lebih dalam lagi.

Dari informasi yang saya kutip dari Wikipedia, Hannah Arendt adalah seorang teoretikus politik Jerman. Ia seringkali digambarkan seagai seorang filsuf, meskipun ia selalu menolak label itu dengan alasan bahwa filsafat berurusan dengan "manusia dalam pengertian singular.

Arendt dilahirkan dalam keluarga Yahudi sekular di kota Linden yang waktu itu merupakan kota independen dan kini bagian dari Hanover lalu dibesarkan di Königsberg kota tempat tinggal pendahulunya yang dikaguminya, Immanuel Kant dan Berlin. 

Ia belajar filsafat di bawah Martin Heidegger di Universitas Marburg, dan lama menjalin hubungan romantik yang sporadis dengannya. 

Hannah Arendt Teoretikus Politik Jerman Muncul di Google Doodles

Hal ini telah banyak dikritik karena simpati Heidegger terhadap Nazi. Suatu kali ketika hubungan mereka terputus, Arendt pindah ke Heidelberg untuk menulis disertasi tentang konsep cinta-kasih dalam pemikiran Santo Augustinus, di bawah bimbingan filsuf-psikolog eksistensialis Karl Jaspers.

Teoretikus Politik Hannah Arendt lahir lahir di Linden, Hannover, 14 Oktober 1906 dan meninggal di New York City, 14 Desember 1975 pada umur 69 tahun. Namanya terkenal di seluruh dunia sebagai pakar ahli politik sejak perang dunia ke 2 hingga sampai saat ini.

Karya Hannah Arendt yang paling terkenal yaitu membahas topik kekuasaan, politik, wewenang, dan totalitarianisme. Banyak dari tulisannya terpusat pada pengukuhan konsepsi tentang kebebasan yang sinonim dengan aksi politik kolektif. Dalam argumentasinya melawan asumsi libertarian bahwa “kemerdekaan dimulai ketika politik berakhir”

Oleh sejak itu, Hannah Arendt di nobatkan menjadi Teoretikus Politik dari Jerman. Dan sampai sekarang pedoman politik di seluruh dinia mengacu pada teorinya. Negara mana saja yang mengikuti teori politik Hannah Arendt? Salah satunya yaitu Indonesia.