4 September 2014

Tips Mudah Agar Tidak Gagal Tes CPNS

Sejak tanggal 25 Agustus lalu, pendaftaran CPNS mulai dibuka, namun banyak dari lembaga dan kementrian yang baru akan membuka pendaftaran di awal September 2014.

Sudah terlihat beberapa hambatan yang terjadi ketika awal-awal pendaftaran seperti situs Panselnas yang sempat membuat para peserta mengeluhkannya, yakni situs yang tidak bisa diakses yang disebabkan karena membludaknya akses ke dalam situs tersebut.

Hal ini membuat pihak Panselnas membuat situs alternatif agar dapat mengurangi akses yang begitu banyak dalam satu situs. Untuk dapat mengatasi hal ini, telah helloridwan bagikan selengkapnya di Cara Mendaftar Panselnas CPNS 2014.

Untuk melakukan tes CPNS menggunakan sistem baru yaitu dengan sistem CAT Online. Hal ini dapat sangat beresiko memungkinkan para peserta gagal melakukan tes hanya karena hal sepele.

Tips Agar Tidak Gagal Tes CPNS Karena Hal Sepele

Hal sepele itu seperti, mengklik tombol selesai padahal peserta belum benar-benar selesai. Untuk mencegah hal ini terjadi, Wakil Kepala Biro Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menuturkan bahwa kesalahan yang sepele bisa saja dilakukan oleh para peserta baru mengerjakan satu soal sudah klik selesai, nilai yang didapat hanya lima sudah pasti tidak akan lulus.

Peserta hanya diberikan waktu 54 detik untuk dapat menyelesaikan semua soal. Dengan begitu untuk dapat sukses lulus tes dan meminimalisir soal yang masih bisa dikerjakan namun waktu sudah habis, lakukan manajemen waktu yang baik. Mengerjakan soal yang mudah lebih dulu agar semua soal yang menurut peserta dirasa mudah dapat dikerjakan lebih awal sebelum mengerjakan soal yang lebih sulit yang menghabiskan waktu lebih lama.

Sekitar 5 juta orang bukan jumlah yang sedikit, ini adalah jumlah para pendaftar CPNS tahun ini. Bisa disimpulkan peluang untuk lolos menjadi CPNS semakin sempit, meskipun lolos di tes belum selesai begitu saja, hal lain yang dapat mengakibatkan peserta gagal seleksi adalah berkas yang tidak lengkap.

Agar sukses seleksi, perlu mempersiapkan dan menyusun berkas dengan teliti, karena tidak semua instansi bisa memberikan kesempatan kedua untuk peserta yang lupa memasukkan satu berkas saja.

Selain itu, informasi lain yang dapat menunjang kesuksesan para pendaftar CPNS adalah menentukan hari yang baik untuk melakukan pendaftaran, hari yang tepat untuk mendaftar yang tepat menurut Zainul Anwar selaku anggota Panselnas adalah hari Jum’at tanggal 5 September 2014.

Tips lain yang diberikan Zainul adalah para peserta harus memahami bagian situs panselnas karena karena disetiap bagian ada informasi penting bagi para peserta CPNS.

Tips selanjutnya adalah dengan membaca semua menu terutama kontak, karena disini peserta dapat mengirim pertanyaan terkait kesulitan yang ditemui selama pendaftaran.

Namun bagi para sarjana berprestasi yang memiliki predikat kelulusan cumlaude, dapat mendaftar CPNS melalui jalur khusus yang telah disediakan oleh Panselnas. Tetapi akan ada satu tes wawancara untuk mengetahui psikoligi dan karakter peserta.

Faktanya, setiap sarjana yang lulus dengan prestasi dan nilai yang sempurna kebanyakan dari mereka berminat bekerja di luar negeri ketimbang mau bekerja sebagai PNS. Karena itu pihak panselnas menghimbau agar para sarjana cerdas di Indonesia tidak harus bekerja diluar negeri, karena Indonesia sangat membutuhkan orang-orang cerdas untuk mau bekerja dan membangun tanah air tercinta ini.