4 September 2014

Pertolongan Pertama Ketika HP Mati Total

Barang elektronik seperti ponsel atau hp sangat rawan akan kerusakan, banyak kesalahan yang dilakukan oleh pemilik hp mulai dari kecerobohan dalam pemakaian, hp terjatuh hingga tercelup air.

Yang terjadi jika seseorang melakukan kesalahan pada hp-nya mentok-mentok hp akan mati total. Nah artikel helloridwan kali ini akan membagikan tips untuk menangani hp ketika mati total yang disebabkan oleh berbagai hal.

Pertolongan Pertama Ketika HP Mati Total

Sebelum ke cara penanganan, kita perlu tahu penyebabnya. Biasanya yang menyebabkan hp mati total adalah seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya adalah karena mati sendiri atau anda benar-benar tidak tahu penyebabnya, karena terjatuh atau karena tercelup air.

Jika hp anda mati karena dengan sendirinya, yang perlu anda lakukan adalah:

1. Melepas baterai dan menghidupkan lagi atau menggunakan betarai cadangan/ baterai lain yang cocok kemudian hidupkan kembali hp anda.

2. Coba lakukan charging, apabila hp anda tetap tidak mau hidup maka bisa disimpulkan bahwa kerusakan diakibatkan oleh IC PA (Power Amplifier).

3. Namun jika anda mencolokkan kabel charger ke hp dan hp hidup namun hanya tampilan gelap saja, maka kerusakan diakibatkan karena softwarenya. Dan hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan melakukan flashing hp. Anda dapat melakukan flashing sendiri dengan tutorial di google, tetapi jika anda tidak memiliki komputer atau anda tidak mau pusing anda bisa bawa ke tempat servis hp terpercaya.

Jika hp mati karena jatuh:

1. Lakukan tes dengan menggunakan power suppy, namun anda harus membongkar hp untuk menempatkan kembali atau reposisi komponen yang bergeser dari tempatnya.

2. Menggunakan power supply untuk mengetahui kerusakan hardware.

3. Jika hp mati karena terjatuh kemungkinan besar kerusakan terjadi pada IC PA/IC Power.

4. Lagi-lagi apabila anda kesulitan atau tidak mau ambil pusing maka salah satu jalan yang dapat anda ambil adalah dengan membawa hp anda ke tempat servis terpercaya.

Jika hp mati karena tercelup air:

Ketika hp mati karena tercelup air, sebelum mengambil langkah yang lebih beresiko, sebaiknya anda melakukan pertolongan pertama dengan membaca artikel helloridwan sebelumnya mengenai Cara Mengatasi Ponsel Tercelup ke Dalam Air.

Jika anda sudah melakukan langkah pada artikel Cara Mengatasi Ponsel Tercelup ke Dalam Air namun hp tetap saja tidak dapat dihidupkan. Maka langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan power supply.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Lakukan pengeringa pada hp agar tidak lagi terdapat air didalam komponen hp untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek pada komponen hp.

2. Menggunakan power supply untuk mengetahui kerusakan pada hardware ataupun software.

3. Biasanya hp mati karena tercelup air kerusakannya terjadi pada aksesorisnya.

4. Namun kembali lagi, jika anda tidak mau ambil pusing, silakan segera bawa hp ke tempat servis hp terpercaya.

Berhati-hatilah dalam menggunakan hp untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan karena kelalaian. Lebih baik amankan hp dengan menggunakan dompet hp yang dapat diletakkan di pinggang, atau jika hp anda berukuran besar seperti pada umumnya ukuran smartphone lebih baik menggunakan cover yang kesat seperti silikon atau cover sejenisnya.