28 September 2014

Tips Mencegah Install Aplikasi Berbahaya GooglePlay

Android, adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh berbagai merk smartphone. Memang sudah menjadi tuntutan, bahwa setiap sistem operasi harus memiliki toko aplikasi sendiri. Seperti Apple dengan App Store dan I Tunes, android pun punya GooglePlay.

Karena semakin banyaknya pengguna android, maka kebutuhan pun akan semakin banyak pula. Sehingga persaingan pun menjadikan para pencipta aplikasi untuk terus berlomba menciptakan aplikasi terbaik untuk pengguna android.

Saking banyaknya maka akan sulit bagi kita untuk membedakan dan memilih mana aplikasi yang berkualitas dan mana yang berbahaya atau palsu.

Mengapa saya sebut berbahaya dan palsu, karena aplikasi tersebut biasanya adalah aplikasi tiruan yang hampir sama dari segi jenis, gambar icon dan nama dengan aplikasi yang asli, jadi jika seseorang tidak teliti maka akan mudah sekali terkecoh. Dan inilah yang dijadikan peluang bagi para pencipta aplikasi palsu untuk menyisipkan virus maupun malware.

Tips Mencegah Install Aplikasi Berbahaya GooglePlay

Ada beberapa langkah dalam membeli atau menginstall aplikasi dari GooglePlay untuk menghindari atau mencegah aplikasi berbahaya yang dapat anda baca dibawah ini.

1. Lihat review
Pada umumnya aplikasi di GooglePlay selalu menyediakan review berupa video. Jangan ragu untuk selalu melihat review video di GooglePlay untuk menyakinkan bahwa aplikasi tersebut benar-benar profesional dan berkualitas.

Karena jika aplikasi yang diciptakan oleh perusahaan yang terpercaya akan memberikan review  yang berkualitas, berupa kelebihan dan sedikit gambaran menjalankan aplikasi.
Namun ada juga apikasi yang menyediakan review hanya berupa gambar, kalaupun video pasti anda pun bisa menebak mana yang meyakinkan mana yang tidak, nah yang seperti ini perlu hati-hati.

2. Lihat rating
Tidak cukup dari melihat review video saja, cara ini juga bisa anda gunakan ketika kuota internet terbatas, maka anda bisa langsung melihat rating aplikasi yang akan anda download. Semakin tinggi rating sebuah aplikasi maka semakin membuktikan bahwa aplikasi tersebut memang aplikasi yang asli dan berkualitas.

3. Lihat komentar
Jangan terburu-buru karena anda telah menemukan aplikasi dengan rating yang cukup tinggi kemudian anda langsung install begitu saja. Tunggu dulu, sempatkan untuk melihat komentar, karena dengan melihat komentar kita akan tahu informasi dari orang lain yang telah menggunakan aplikasi tersebut.

4. Pasang antivirus
Jika anda masih was-was, sebaiknya anda gunakan saja antivirus sebagai pencegah malware yang masuk kedalam smartphone anda. Jangan terlalu terpengaruh oleh orang lain, karena biasanya orang memandang sebelah mata sebuah antivirus smartphone, karena mungkin mereka pikir tidak ada gunanya. Jika anda ingin meng-install antivirus pun anda juga harus melalui langkah-langkah diatas. Untuk meyakinkan bahwa antivirus tersebut benar-benar asli dan berkualitas.

5. Lihat app permission
Pada awal penginstalan biasanya sebuah aplikasi akan meminta izin, pada langkah ini anda juga tidak boleh terburu-buru, baca keseluruhan apa yang tampil dilayar pada tahap sebelum aplikasi di instal. Jika yang tampil adalah sebuah permintaan hak akses layaknya aplikasi pada umumnya anda boleh langsung menyetujui.

Namun jika aplikasi memunculkan sebuah tampilan yang cukup asing bagi anda, sebaiknya anda urungkan keinginan untuk meng-install aplikasi tersebut.

Berhati-hati dalam memilih aplikasi yang akan diinstall merupakan sikap yang paling bijak dalam menjaga smartphone dari kerusakan software maupun hardware. Untuk lebih aman lagi, sebaiknya hilangkan centang/atau jangan anda centang sumber tidak dikenal pada pengaturan. Karena akan mencegah sebuah aplikasi diluar GooglePlay terinstall di smartphone anda.