24 September 2014

Tempat Berbahaya untuk Menyimpan Smartphone

Anda merasa tidak dapat terpisahkan dengan smartphone kesayangan anda? Karena sebagian besar aktifitas anda membutuhkan smartphone. Itu bukanlah sebuah kesalahan yang menuntut anda menjauhkan diri dari smartphone.

Apabila smartphone memang benar-benar digunakan untuk menunjang aktifitas yang positif, maka memang seharusnya anda jadikan smartphone sebagai asisten anda setiap hari.

Setiap hari menggunakan smartphone memang tidak salah, yang salah adalah bagaimana anda menyimpan smartphone agar tidak mengganggu kesehatan anda dan smartphone anda.

Ada beberapa tempat yang cukup berbahaya bagi anda dan smartphone anda, dan jika hal itu terus dilakukan maka resiko pun tidak dapat dihindarkan.

Tempat Berbahaya untuk Menyimpan Smartphone

Oleh karena itu, sebelum anda mengalami resikonya, sebaiknya anda ketahui tempat mana yang boleh dan tidak boleh untuk menyimpan smartphone dan bagaimana yang seharusnya anda lakukan.

1. Saku celana
Menyimpan smartphone di saku celana memang pilihan yang paling simpel, namun bila hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan berbagai bahaya yang disebabkan oleh radiasi elektrostatik dan elektromagnetik dari smartphone.
Khusus bagi seorang pria, hal ini tentu akan membahayakan organ reproduksi dan dapat menyebabkan infertilitas.

2. Dekat dengan kunci mobil atau motor
Kebiasaan lain yang cukup sering dilakukan kebanyakan orang adalah menempatkan smartphone dan kunci mobil dalam satu kantong/saku celana. Hal ini ternyata juga dapat menimbulkan efek buruk, karena pengaruh induksi dari kunci mobil yang dapat menyebabkan radiasi yang semakin kuat.

3. Dekat area gas
Menyimpan smartphone dekat dengan area gas bukan karena dapat menimbulkan kebakaran/gas meledak. Melainkan akan menurunkan fungsi dari smartphone dan mengganggu penerimaan sinyal.

4. Dekat elektronik lain
Anda pasti tidak mau kehilangan dua alat penting dalam kehidupan anda. Komputer dan smartphone adalah dua alat yang dapat mendukung aktifitas anda. Meski keduanya mendukung, jangan meletakkan keduanya saling berdekatan. Karena keduanya sama-sama mengeluarkan gelombang elektromagnetik mengakibatkan keduanya saling merusak apabila diletakkan berdekatan. Tidak hanya komputer, televisi, radio juga dapat menimbulkan efek yang sama.

5. Dibawah bantal
Dukungan aplikasi seperti BBM atau aplikasi chatting lainnya maupun game-game yang mengasikkan membuat sebagian besar penggemar smartphone tidak bisa jauh-jauh dari smartphone-nya. Hingga tak jarang dari mereka sering membawanya meski menjelang tidur, sampai-sampai smartphone hanya diletakkan didekat bantal. Jika terus dilakukan maka bahaya seperti kanker otak tidak dapat dihindarkan.
Agar dapat mencegah semua dampak buruk akibat salah dalam menyimpan smartphone, lebih baik kita lebih bijak dalam menyimpan smartphone dan menghindarkan dari tempat-tempat yang cukup berbahaya bagi kesehatan maupun smartphone anda.

Jika anda sering menggunakan PowerBank sebagai penyimpan daya cadangan untuk smartphone, lebih baik anda tidak terlalu sering menggunakan PowerBank karena dapat menimbulkan dampak buruk terhadap smartphone, jika anda tidak percaya bisa lihat di artikel Awas! Ternyata Bahaya Menggunakan Power Bank.

Dan bagi anda yang sering menggunakan smartphone, apalagi smartphone dengan layar touchscreen, perhatikan hal-hal penting agar layar touchscreen anda tidak cepat rusak, selengkapnya di Tips Agar Layar Touchscreen Tidak Cepat Rusak.