22 September 2014

Daftar Aplikasi yang Menguras Baterai Smartphone

Pernah merasa mengapa baterai anda lebih cepat habis jika dibandingkan ketika waktu masih dalam kondisi baru dan belum anda install aplikasi-aplikasi favorit anda?

Seperti lagunya Inul Daratista dangdut tanpa goyang bagai sayur tanpa garam, begitu juga smartphone. Smartphone tanpa aplikasi juga bagaikan sayur tanpa garam, dan tidak dapat berfungsi maksimal.

Karena kelebihan smartphone adalah dapat menjalankan berbagai aplikasi canggih yang bisa jadi adalah aplikasi favorit anda.

Maka dari itulah sebabnya semakin banyak anda menyukai aplikasi maka anda juga akan membiarkan berbagai aplikasi terinstall di smartphone anda. Tetapi ingat, jika ada aplikasi tertentu yang tidak terlalu anda butuhkan, maka sebaiknya anda hapus saja agar kinerja smartphone lebih maksimal.

Daftar Aplikasi yang Menguras Baterai Smartphone

Dan misteri mengapa baterai smartphone cepat habis telah terbongkar, barangkali ada salah satu atau malah semuanya ada pada smartphone anda. Berikut Daftar Aplikasi yang Terbukti Menguras Baterai Smartphone anda.

1. BlackBerry Messenger (BBM)
Mengapa saya letakkan BBM di urutan teratas, ya karena aplikasi ini yang paling banyak memakan RAM, hal ini dikarenakan BBM yang terus aktif untuk siap menerima invite, chat, dan update status yang otomatis akan melakukan pemberitahuan kepada anda. Ini mengapa BBM adalah aplikasi yang dapat menguras baterai smartphone anda.

2. Google Maps
Google Maps jelas dapat menguras daya baterai smartphone, karena Google Maps memiliki fitur GPS yang selalu bekerja kapanpun selama smartphone masih menyala, selain itu Google Maps juga melakukan tracking dimanapun pemilik smartphone menyusuri tempat.

3. Facebook App
Hampir sama dengna BBM, kinerja Facebook App juga dapat menguras baterai smartphone, hal ini karena selalu aktif memberikan notifikasi pesan, pemberitahuan dan update status.
Bukankah lebih nyaman menggunakan Facebook di browser karana anda biasa selalu me-logout, hal ini juga dapat menghindari akun Facebook anda disalahgunakan oleh teman yang usil atau bahkan diretas oleh orang yang tida bertanggung jawab.

4. Aplikasi Email
Seperti Gmail atau Yahoo! Mail, jika anda menginstall dan mengaktifkas sinkronisasi otomatis maka aplikasi ini dapat menjadi yang termasuk mendukung dalam pengurasan daya baterai anda. Solusinya matika sinkronisasi otomatis, dan sebaiknya anda melakukan pengecekan email secara manual.

5. Game Online
Game online berbeda dengan offline, karean game online selain mempekerjakan prosessor, ram, dan apapun itu juga dapat mempekerjakan internet. Semakin banyak yang bekerja maka akan semakin besar pula daya baterai yang dibutukan.

Hal ini yang dapat anda membuat baterai smartphone anda cepat terkuras.
Oleh karena itu, aplikasi yang tidak terlalu penting dan tidak menunjang aktifitas anda, lebih baik anda hapus saja.

Jika anda ingin memanfaatkan smartphone untuk melatih otak anda, dapat anda install aplikasinya dan di jamin tidak akan menguras baterai. Bisa anda lihat apa saja aplikasinya di 5 Aplikasi Android Membuat Otak Jadi Pintar.