22 September 2014

Awas! Ternyata Bahaya Menggunakan Power Bank

Seperti yang kita tahu, tidak ada smartphone yang dapat menghemat baterai. Apapun upaya anda dalam menghemat daya baterai sama saja anda tidak dapat memaksimalkan fungsi dari smartphone itu sendiri.

Karena jika anda lihat dari sumber manapun solusi menghemat baterai hanyalah mematikan aplikasi yang tidak penting. Yang tidak penting sih ada, tapi sebagian besar tetap saja di butuhkan, alhasil menghemat baterai seperti itu hanya bagaikan jika orang jawa bilang “nguyahi banyu segoro” atau menggarami air laut yang artinya tidak ada gunanya/tidak ada perubahan yang signifikan.

Jika anda tidak percaya, anda bisa baca Daftar Aplikasi yang Terbukti Menguras Baterai Smartphone, dan setelah anda lihat sebagian besar adalah aplikasi yang anda butuhkan.

Awas! Ternyata Bahaya Menggunakan Power Bank

Tetapi jika anda benar-benar perlu menggunakan smartphone yang lebih lama tanpa harus takut kehabisan baterai, solusi paling aman hanyalah membeli smartphone dengan kapasitas baterai besar, lihat di Daftar Smartphone Dengan Daya Baterai Besar. Karena jika anda menggunakan PowerBank, ada dampak negatif terhadap baterai smartphone.

Mau tahu apa saja bahaya menggunakan PowerBank? Silahkan cek dibawah ini.

1. Memperpendek umur baterai
Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan tegangan, seperti yang telah kita buktikan bahwa menggunakan PowerBank proses pengisian akan lebih cepat. Dan ini yang menjadi kebiasaan buruk kebanyakan orang, colokan rumah lebih banyak digunakan untuk mengisi daya PowerBank ketimbang untuk mengisi daya baterai smartphone.

2. Merusak fisik baterai
Jika hal ini dibiarkan, selain dapat memperpendek umur, juga akan berdampak pada bentuk fisik baterai menjadi mengembung. Dan ini dikarenakan arus yang keluar dari PowerBank sangat besar. Inilah mengapa mengisi baterai dengan PowerBank lebih cepat.

3. Membuat baterai cepat drop
Karena jika anda menggunakan PowerBank abal-abal. Anda tidak bisa memastikan bahwa arus yang dikeluarkan PowerBank menuju baterai smartphone apakah stabil atau tidak. Bahayanya jika arus tidak stabil, maka seolah-olah baterai telah terisi penuh namun sebenarnya itu hanya efek dari ketidakstabilan arus, kadang terlalu besar kadang terlalu kecil. Dan ini yang seolah-olah baterai akan terasa cepat habis.

4. Baterai bisa bocor
Yap, sebenarnya ini adalah efek lanjutan dari arus yang dikeluarkan PowerBank tidak stabil. Tidak stabil dalam artian kadang terlalu besar kadang terlalu kecil, dan jika kualitas baterai tidak tahan dengan arus yang terlalu besar, maka akan mengakibatkan baterai bocor, dan ini yang biasa kita sebut baterai cepat nge-drop.

5. Memperpendek umur komponen smartphone
Karena arus yang dikeluarkan powerbank cukup besar, proses pengisian memang bisa lebih cepat, namun layaknya hukum alam, apapun yang berlebihan atau lebih dari kadarnya akan memiliki dampak buruk. Begitu pula dengan PowerBank yang akan membuat komponen menjadi panas, dan panas itu sendiri dapat merusak hardware.

Setalah mengetahui bahayanya, apakah anda masih berpikir untuk ceroboh dan hobi dalam menggunakan PowerBank padahal anda sebenarnya tidak dalam kondisi berpergian dan melakukan pengisian baterai menggunakan charger dirumah sebenarnya bisa namun anda hanya malas?

Terus bagaimana caranya tetap menggunakan PowerBank namun dapat menghindari bahayanya? Anda dapat membaca solusinya di Cara Bijak Menggunakan PowerBank.