22 September 2014

Cara Menghindari Bahaya Menggunakan Power Bank

PowerBank, pentingnya alat yang satu ini sudah setara dengan bekal makanan. Bagaimana tidak, orang menggunakan PowerBank untuk mencukupi kebutuhannya untuk bisa terus memberi “nyawa” ponsel khususnya smartphone.

Namun jika PowerBank digunakan terus menerus dan frekuensi yang cukup sering, maka resiko bahaya menggunakan PowerBank terhadap baterai smartphone tidak dapat dihindarkan.

Seperti yang telah helloridwan bagikan informasi tentang bahaya menggunakan PowerBank di Awas! Bahaya Menggunakan PowerBank. Anda bisa melakukan cara menghindari bahayanya di bawah ini.

Cara Menghindari Bahaya Menggunakan Power Bank

1. Gunakan secara bijak
Menggunakan PowerBank secara bijak, maksudnya adalah pakailah PowerBank untuk mengisi daya baterai smartphone ketika dalam kondisi yang benar-benar kepepet/benar-benar tidak ada charger seperti ketika dalam kondisi perjalanan dan daya baterai smartphone akan habis. Di kondisi seperti ini silahkan anda charge baterai smartphone anda dengan PowerBank.

2. Pakailah PowerBank yang berkualitas
Seperti yang telah saya posting sebelumnya tentang bahaya menggunakan PowerBank. Menggunakan PowerBank yang tidak berkualitas atau murahan atau abal-abal anda tidak dapat memastikan bahwa arus yang dikeluarkan stabil dan tidak ada pula yang dapat menjamin keamanan ketika PowerBank digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone.

Oleh karena itu, lebih baik anda gunakan PowerBank yang berkualitas. Jika anda belum tahu merek PowerBank apa saja yang berkualitas, dapat anda lihat di Tips Memilih Power Bank Terbaik Dan Paling Bagus.

3. Jangan tergiur dengan kapasitas
Lagi-lagi pilihlah yang berkualitas, jangan anda membeli karena besar kapasitas yang ditawarkan dan harga yang murah.

4. Gunakan konektor yang original
Smartphone sekarang sudah dibekali dengan kabel data yang sekaligus dapat menjadi kabel charger. Ketika anda akan mengisi daya baterai dengan PowerBank sebaiknya anda gunakan kabel data yang asli bawaan smartphone anda. Paling tidak kabel data bawaan masih bisa menjaga kestabilan arus PowerBank yang masuk ke baterai smartphone anda.

5. PowerBank sesuai vendor
Ini adalah cara paling aman ketika anda ingin membeli PowerBank, namun syaratnya adalah vendor smartphone anda juga menyediakan PowerBank khusus untuk smartphone anda.
Dengan begitu anda tidak perlu khawatir dengan ketidakcocokan dan buruknya kualitas yang dapat memperpendek umur baterai smartphone anda.

6. Pilih PowerBank sesuai kebutuhan
Kritis dan teliti dalam memilih PowerBank sangat penting untuk mendapatkan PowerBank yang paling cocok untuk smartphone anda. Agar dapat menghidari resiko kerusakan pada baterai yang dapat memperpendek umur batarai.

Ingin tahu tipsnya memilih PowerBank sesuai kebutuhan, selengkapnya di Tips Memilih PowerBank Sesuai Kebutuhan.