22 September 2014

Tips Memilih Power Bank Sesuai Kebutuhan Anda

Hambatan utama kita dalam menggunakan smartphone adalah baterainya yang cepat habis atau boros. Hal ini dikarenakan aplikasi yang begitu banyak kita gunakan sehingga dalam kondisi tidak kita operasikan saja aplikasi tersebut akan tetap berjalan untuk siaga dengan update atau informasi terbaru seperti aplikasi chatting.

Ada beberapa aplikasi yang sudah terbukti dapat menguras baterai smartphone, bisa cek di Daftar Aplikasi yang Terbukti Menguras Baterai Smartphone.

Sesuai kenyataan tersebut yang mungkin tidak dapat kita hindari, solusi yang biasa kita pilih adalah dengan menggunakan PowerBank.

Namun dengan semakin banyaknya merk PowerBank, membuat kita semakin bingung mana PowerBank yang paling tepat sesuai kebutuhan kita. 

Tips Memilih Power Bank Sesuai Kebutuhan Anda

Karena jika kita sembarangan dalam memilih PowerBank, karena orang Indonesia seperti kita-kita ini mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah serta fitur dan spesifikasi yang mumpuni namun tanpa memperhatikan kualitas.

Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan baterai smartphone, mau tau kenapa? Selengkapnya di Awas! Bahaya Menggunakan PowerBank.

Baiklah langsung saja kita ke Tips Memilih PowerBank Sesuai Kebutuhan.

1. Kapasitas PowerBank
Menyesuaikan PowerBank sesuai dengan kebutuhan adalah pilihan paling bijak, jika anda tipe orang yang sering melakukan berpergian dan sering menggunakan smartphone untuk menunjang aktivitas anda sehari-hari, maka anda dapat memilih PowerBank dengan kapasitas yang besar. Namun jika anda tipe orang yang sering dirumah, pergi jika ada acara tertentu dan dalam waktu yang tidak lebih dari satu hari, maka sebaiknya anda pilih PowerBank yang berkapasitas kecil atau sedang.

Karena jika anda membeli PowerBank berkapasitas besar tetapi anda jarang keluar, itu adalah sebuah pilihan yang kurang tepat, karan semakin besar kapasitas maka ukuran PowerBank-pun akan semakin besar pula, dan ini dapat mengurangi keefektifan anda dalam beraktifitas. Jika anda sering dirumah lebih baik charge baterai smartphone menggunakan charger saja.

2. Arus output PowerBank
Memperhatikan kecepatan arus output akan dapat membantu anda ketika memilih PowerBank sesuai kebutuhan. Kecepatan output yang tinggi dengan kelebihan yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat memang dapat mendukung anda jika anda seorang yang jarang dirumah namun sering menggunakan smartphone untuk menunjang aktifitas anda sehari-hari. Namun tanggungannya adalah dapat memperpendek umur baterai smartphone anda, penjelasannya ada di postingan helloridwan di Awas! Bahaya Menggunakan PowerBank.

Namun jika aktifitas anda tidak terlalu sering menggunakan smartphone, pilihan yang aman adalah membeli PowerBank dengan kecepatan arus Output yang sedang-sedang saja.

3. Konektor
Pilih konektor yang berkualitas untuk mengurangi terjadinya arus pendek yang dapat mengakibatkan resiko fatal pada smartphone, jangan tergiur dengan PowerBank Multikonektor karena belum tentu konektor-konektor yang ditawarkan berkualitas.

4. Garansi
Jangan lupa dengan garansi, karena garansi adalah satu-satunya sarana/alat untuk mengadukan jaminan ketika PowerBank yang anda beli terjadi kerusakan.

5. Baca buku panduan
Jangan langsung anda memakai PowerBank tanpa membaca buku panduan, karena dengan membaca buku panduan anda akan tahu cara yang paling tepat dan aman dalam menggunakan PowerBank yang anda beli.

Setelah kita mengetahui Tips Memilih PowerBank Sesuai Kebutuhan, jangan lupa untuk memperhatikan cara pemakaian PowerBank yang baik, bisa anda baca di Cara Menghindari Resiko Bahaya Menggunakan PowerBank.