22 September 2014

5 Cara Jaga Kesehatan Mata dari Layar Komputer

Komputer atau laptop sudah menjadi alat wajib untuk pekerjaan kantor, memperluas wawasan di internet atau berbisnis online. Yang sudah pasti menuntut anda untuk berlama-lama memperhatikan layar komputer.

Jika terus-terusan memaksa mata untuk tetap menatap layar komputer, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan mata yang akan mengakibatkan berkurangnya fungsi dari mata anda yang disebabkan oleh radiasi layar komputer seperti, miopi (tidak dapat melihat jelas dari jarak jauh), mata kering, otot mata kaku dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, anda patut menjaga mata anda agar dapat menghidari efek buruk meski dituntut harus berlama-lama berada di depan layar komputer.

5 Cara Jaga Kesehatan Mata dari Layar Komputer

1. Istirahat
Pekerjaan yang mungkin sudah deadline atau masih banyak yang harus cepat diselesaikan tidak harus mengorbankan mata anda, istirahatkan mata anda agar dapat merelaksasi otot mata anda yang harus terus fokus menatap layar.

Waktu ideal untuk mengistirahatkan mata adalah setengah sampai satu jam sekali selama lima sampai sepuluh menit. Dan keluarlah dari ruangan untuk menatap pemandangan yang lebih jauh.

2. Pijat mata
Sembari beristirahat, pijat bagian sekitar mata dengan jari-jari anda agar otot mata lebih relaks.

3. Senam mata
Anda dapat melakukan senam mata dengan melirik kekanan, luruskan kembali, kekiri, luruskan kembali, keatas, luruskan kembali, kebawah dan luruskan kembali. Jangan terlalu keras, lakukan senyaman yang anda bisa. Lakukan sekali atau dua kali setiap lima belas menit, dan lakukan pelan-pelan agar anda tidak pusing.

4. Berkedip
Seringlah berkedip ketika anda menatap komputer, hal ini untuk menghindari mata kering. Jika mata anda sudah dirasa terlalu kering gunakan obat tetes mata agar mata lebih segar.

5. Atur jarak, dan kecerahan layar
Jarak ideal antara mata dan layar komputer adalah 80 cm. Atur juga kecerahan layar jangan terlalu cerah dan terlalu redup. Seimbangkan pula dengan kecerahan ruang tempat anda bekerja, lampu ruang tidak boleh terlalu gelap.

Dengan melakukan tips diatas secara rutin, maka resiko menurunnya fungsi mata dapat anda hindari. Perhatikan juga makanan yang dapat menjaga kesehatan mata untuk anda konsumsi setiap hari, antara lain:

-    Wortel
-    Tomat
-    Telur
-    Kubis/daun kol
-    Bayam
-    Brokoli
-    Alpukat
-    Ikan salmon
 
Dan dapat anda pilih sebagai menu makanan anda setiap hari, pilih satu untuk hari tertentu, dan hari berikutnya makan yang lain agar anda tidak cepat merasa bosan.

Baca juga Posisi Tidur yang Dapat Meningkatkan Produktivitas agar anda dapat bangun tidur dalam kondisi segar dan bugar yang dapat menunjang produktivitas anda setiap  hari.

Jika jika ingin tidur anda lebih sehat dan berkualitas hindari tidur menggunakan kipas angin, selengkapnya di Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin.