28 September 2014

Cara Memperbaiki Katrid (Cartridge) Printer

Printer adalah merupakan salah satu hardware output komputer yang berfungsi mencetak yang tampil dilayar monitor menjadi tampilan di lebar kertas. Dengan adanya Printer, semua segala urusan cetak-mencetak menjadi mudah.

Printer kini sudah di produksi dan di jual dengan berbagai merk seperti cannon, epson, HP dan Kodak dengan harga yang cukup terjangkau di bawah 1 juta. Dengan harga yang relatif murah, kini sudah banyak orang yang memilikinya.

Bagian komponen penting dari printer yaitu Katrid (Cartridge Printer), Katrid berfungsi menyimpan tinta yang akan di proses mencetak menjadi goresan maupun warna seperti pada layar monitor komputer yang kita print.

Katrid (Cartridge Printer) ini memang rawan sekali rusak, apalagi jika kita memasukan tinta yang terlalu banyak kedalamnya, hal ini menyebabkan Katrid (Cartridge Printer) banjir dan tidak mau mengakses perintah saat kita sedang melakukan print.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Bawa saja ke servisan, di jamin langsung beres! Namun lagi-lagi mengeluarkan biaya yang cukup mahal dan terkadang harus mengganti Katrid (Cartridge Printer) dengan yang baru.

Namun bagi anda yang ingin mencoba memperbaiki Katrid Katrid (Cartridge Printer) sendiri, bisa mencoba trik yang saya share di bawah ini. Harap lakukan hal ini jika anda memiliki Katrid (Cartridge Printer) yang sudah tidak terpakai atau benar-benar rusak!

Cara Memperbaiki Katrid (Cartridge) Printer

  • Bila Printer sudah lama tidak dipakai,  sebaiknya head cartridge printer direndam di air hangat (supaya tinta pada cartridge printer tidak beku). Ingat Air hangat hanya merendam bagian bawah cartridge printer.
  • Rendam cartridge printer selama -/+ 15 menit, kemudian tiriskan sampai kering ( cartridge printer harus benar-benar kering).
Apabila tinta masih tidak keluar, kita masuk Memperbaiki Cartridge Printer ketahap yang sedikit lebih rumit.

Cara Memperbaiki Katrid (Cartridge) Printer
  1. Buka bagian atas penutup cartridge printer dengan cara mencongkelnya memakai alat sejenis obeng (min) yang tipis. cartridge printer jangan sampai patah.
  2. Setelah Terbuka, anda akan menemukan busa didalam cartridge printer, lepaskan busa secara perlahan, cuci hingga bersih, hal ini dikarenakan banyaknya tinta yang mengering hingga menyumbat bagian dari serat busa.
  3. Keringkan Busa dengan tenaga matahari
  4. Bersihkan juga tank (bak) cartridge printer dengan menggunakan bahan kain yang lembut.
  5. Setelah Semua Proses Selesai pengeringan dll, pasang lembali busa.
  6. Tutup tank (bak) cartridge printer dengan lem perekat sejenis power glue.
  7. Pada saat pengeleman yang perlu di perhatikan, jangan sampe kena contact chip atau kuningannya.
  8. Setelah Semua Proses Selesai tambahkan/suntikan tinta kira-kira 30% dari tank. biarkan tinta meresap, tunggu 15 menit.
  9. Sebenarnnya Beres, tapi akan lebih baik, Setting di cleaning, pada properties printer anda, lakukan berulang kali.
Kerusakan printer hampir 80% karena cartridge printer, hal ini terjadi karena printer lama tidak dipakai sehingga tintanya membeku atau mengering, lalainya kita saat pengisian, penekanan udara jarum suntik pada cartrigde printer sangat berpengaruh untuk terjadi kerusakan pada cartridge printer, sedikit pelan untuk menekan cartridge printer, karena bisa terjadi kebocoran pada busa yang mengakibatkan chip jadi rusak.