28 September 2014

Cara Mencegah Virus Masuk Ke Memori Sim Card

Pastinya anda sudah tahu apa itu Memori Sim Card, Memori Sim adalah perangkat keras atau tambahan yang berfungsi untuk menyimpan sebuah data, file ,maupun data lain seperti video, audio dan gambar yang terdapat pada sebuah smartphone, kamera, handycam dll.

Memori Sim Card memiliki kapasitas berbagai ukuran begitu juga dengan bentuknya. Sayangnya Memori Sim Card ini lebih rawan rusak dan terserang virus terutama Memori Sim Card pada handphone.

Lalu bagaimana cara mencegah dan merawat agar memori Micro SD tidak terkena virus yang dapat membuat file di dalam memori tersebut hilang dan tidak dapat terbaca oleh perangkat ponsel?

Pada kesempatan kali ini helloridwan ingin berbagi sebuah tips untuk cara mudah mencegah  virus masuk ke memori Micro SD dan Memori Sim Card berbagai tipe lain.

Cara Mencegah Virus Masuk Ke Memori Sim Card

Ternyata cara untuk mencegah virus masuk ke memori sim susah-susah gampang loh, apabila anda sering mengkoneksikan memori ke komputer secara sembarangan, misal saja komputer warnet.

Cara termudah Mencegah Virus Masuk Ke Memori Sim Card yaitu, instal aplikasi antivirus di device, yang bisa mem-protect atau men-scan virus di memory card. Karena tidak semua antivirus mempunyai fitur ini. 

Bisa juga untuk memastikan memory card bebas virus, dengan mengkoneksikannya ke PC dan men-scan dengan antivirus untuk PC, pada drive dimana memory card anda terbaca. Misal drive F.

Jangan lupa, database antivirus di PC juga harus secara berkala di update. Banyak juga orang yang masih mengira, kalau PC sudah diinstall antivirus berarti sudah aman, tanpa sadar bahwa database virus harus di update.

Kebanyakan virus yang membuat isi memory card tidak terbaca, sebenarnya merubah atribut file saja sehingga terlihat seperti shortcut.

Cara ini bisa anda terapkan mulai sekarang, jangan sampai memori anda rusak karena virus. Cara Mencegah Virus Masuk Ke Memori Sim Card di atas adalah cara paling mudah dan simple yang helloridwan kutip dari situs detik.com yang bisa anda terapkan.