10 Juni 2014

Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Lupus

Penyakit Lupus adalah salah satu jenis penyakit baru yang mungkin asing anda dengar. Penyakit Lupus sangat mematikan dan setara dengan kanker. Tidak sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi, di dunia terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya.

Arti kata lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi .

Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Lupus

Untuk sampai saat ini belum ada obat tradisional secara herbal alami yang dapat menyembuhkan penyakir lupus, Karena penyakit ini masih tergolong baru dan para ahli kedokteran baru berexperimen menemukan obat untuk pennyakit lupus.

Namun penyakit lupus ini mampu kita cegah dari penularan atau tertular dari penyakit lupus. Berikut ini adalah penyebab dan pencegahan penyakit lupus yang perlu anda ketehui. Langsung saja simak di bawah ini.

Gejala-gejala penyakit dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) alias Lupus. Eritomatosus artinya kemerahan. sedangkan sistemik bermakna menyebar luas keberbagai organ tubuh. Istilahnya disebut LES atau Lupus. Gejala Penyakit Lupus yang umum dijumpai adalah:
  • Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  • Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  • Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.
  • Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit LUPUS ini
  • Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan

Maka dari itu perlu adanya pencegahan dari beberapa hal yang bisa mengakibatkan timbulnya sakit lupus kembali kambuh, yaitu dengan cara : menghindari stress, tetap menjaga tubuh dari sinar matahari langsung yang mengarah pada tubuh, mengurangi waktu kerja yang berlebihan, tidak mengkonsumsi obat tertentu yang mengakibatkan lupus kembali kambuh.

Penyebab penyakit lupus ini telah disampaikan pada awal artikel yaitu penyebab timbulnya adalah sistem imun yang seharusnya menjaga ketahanan tubuh seseorang malah sebaliknya yaitu menyerang sel-sel pada bagian tubuh seseorang tersebut sehingga menimbulkan gejala-gejala tertentu.

Selain daripada itu yang paling penting lagi bagi penderita lupus yaitu perlu mengetahui seputar perkembangan dan informasi terbaru seputar perkembangan dari penyakit lupus ini, maka dari itu penderita lupus harus lebih memahami dan mengerti tentang gejala, makanan, pengobatan atau bahkan faktor lain yang dapat mempengaruhi sakit lupus ini.