27 Mei 2014

6 Cara Ampuh Menghilangkan Varises Secara Alami

Sebenarnya, ada banyak cara menghilangkan Varises secara alami yang belum di ketahui oleh banyak orang yang memiliki atau menderita varises pada bagian betis maupun di kaki. Namun sebelum saya memberikan tips cara mengobati Varises, alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu Varises.

Varises adalah pelebaran pembuluh balik. Kata varises berasal dari bahasa Latin yang berarti memutar, "varix".Varises (Varicose Vein) merupakan pelebaran vena yang sering terjadi di vena superfisial, dan yang banyak terjadi di ekstremitas bawah seperti kaki dan betis.

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Varises disebabkan karena berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena. Menyebabkan pembuluh vena melemah dan tidak mampu mengalirkan darah ke jantung.

Varises menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar, karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh. Selain di bagian kaki, belakangan diketahui bahwa ternyata varises pun bisa terjadi di bagian lengan.

Penyebab Umum Varises :

1. Adanya trauma secara langsung pada katup vena yang menyebabkan kerusakan 1/lebih katup.
2. Terlalu lama berdiri.
3. Kelebihan berat badan (overweight).
4. Menumpangkan kaki saat duduk.
5. Memakai Pakaian yang terlalu mengompresi (ketat).

Nah, bagi anda yang ingin tahu tips cara mudah mengobati atau menghilangkan Varises secara alami. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan varises pada bagian lengan, kaki dan betis.

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

1. Olahraga

Meski terdengar klise, olahraga memang ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan apapun, termasuk menghilangkan varises di kaki. Dengan berolahraga secara rutin, dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di kaki sehingga tidak akan menimbulkan varises. Maka dari itu luangkan waktu untuk berolahraga secara teratur setiap harinya minimal 15 menit per hari.

2. Alas Kaki

Salah satu penyebab varises adalah terlalu sering menggunakan sepatu atau sandal berhak tinggi, sehingga kaki akan lebih menopang bobot badan dan menimbulkan varises. Maka dari itu untuk kegiatan sehari-hari, ada baiknya jika memilih alas kaki yang lebih nyaman digunakan dan tidak berhak, agar kaki tidak merasa pegal dan kelelahan.

3. Pakaian

Pakaian yang ketat di sekitar pinggul dan kaki dapat membuat tersumbatnya peredaran darah di sekitar kaki, sehingga menimbulkan varises. Maka dari itu kenakan pakaian dan celana yang agak sedikit longgar, agar melancarkan peredaran darah ke kaki sehingg tidak menimbulkan varises.

4. Cherry dan Blackberry

Buah cherry dan blackberry mengandung senyawa yang dapat memperlancar peredaran darah. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsi buah cherry atau blackberry untuk mengobati varises dan mencegah varises muncul kembali.

5. Minyak Alami

Memijat kaki menggunakan minyak alami, seperti tanaman jarak, dapat membantu menghilangakn varises dan mencegahnya muncul kembali. Anda bisa memijat kaki setelah mandi menggunakan minyak alami sehingga lebih aman dan tanpa efek samping.

6. Terapi Lintah

Ternyata lintah juga bisa untuk menerapi bagian-bagaian yang timbul Varises. Memang cara ini untuk sebagain orang di bilang sangat extream, namun tidak ada salahnya untuk di coba. Untuk melihat cara terapi varises menggunakan lintah, anda dapat melihat video di bawah ini.


Itulah tadi 6 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami yang patut anda coba. Dan demikian informasi kesehatan tentang pengobatan varises secara alami yang bisa saya sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat.