3 April 2014

Cara Mudah Membuat Dan Memasang Iklan di Facebook

Situs jejaring sosial facebook adalah salah satu situs terpopuler di dunia, oleh sebab itu banyak pembisnis mencari keuntungan dengan beriklan di situs jejaring sosial facebook. Banyak katerogi pilihan untuk iklan yang di sediakan di situs facebook.

Kategori pilihan iklan di facebook antara lain yaitu: interaksi kirimiman dengan halaman, Suka atau like halaman di facebook, klik kesitus website, konversi situs website, Pemasangan aplikasi, Interaksi dengan aplikasi, Tanggapan acara, Dan Klaim tawaran.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial cara memasang iklan di facebook. Dengan di lengkapi gambar tutorial cara membuat iklan di facebook, saya harap bisa mempermudah dan bisa anda pahami.
Cara Mudah Membuat Dan Memasang Iklan di Facebook
Adsense Facebook

Namun sebelum ke tahap cara membuat dan memasang iklan di facebook, saya akan terlebih dahulu menjelaskan sedikit mengenai pilihan kategori iklan di facebook untuk jenis iklan: interaksi kirimiman dengan halaman, Suka atau like halaman di facebook, klik kesitus website, konversi situs website, Pemasangan aplikasi, Interaksi dengan aplikasi, Tanggapan acara, Dan Klaim Tawaran.

1.  Iklan Interaksi Dengan Kiriman Halaman

Untuk kategori iklan ini anda dapat memanfaatkanya untuk mempromosikan iklan jenis Halaman yang akan muncul di beranda seperti status iklan teman di facebook. anda dapat mempromosikan situs web anda atau halaman facebook anda untuk meningkatkan visitor web atau menambah like pada halaman anda di facebook.

Contoh iklan untuk interaksi kirimiman dengan halaman


2. Suka atau like halaman di facebook

Jenis kategori iklan di facebook yang satu ini tidak jauh beda dengan iklan facebook dengan kategori no 1. Namun iklan jenis ini hanya bisa menampilkan untuk halaman facebook saja , misal untuk menambah like facebook dan memunculkan kiriman halaman facebook di beranda.

3. klik Kesitus Website

Iklan facebook yang satu ini sangat diminati oleh para blogger, karena dengan kategori klik kesitus website kita dapat memasang link situs website kita di facebook untuk menambah visitor atau mempromosikan produk ke situs website kita. Sering kali kita melihat iklan jenis ini mampang di bagian bawah kanan tepatnya di bawah penanda facebook.

Contoh iklan facebook untuk kategori Klik Kesitus Website


4. konversi situs website

Iklan konversi situs webiste ini tidak jauh beda dengan kategori iklan pada no 3, namun di sini kita dapat mengiklankan situs kita melalui halaman beranda seperti halnya iklan facebook pada kategori iklan no 1, "Iklan jenis konversi situs webiste ini akan muncul pada berita facebook atau seperti status teman facebook pada halaman beranda

Contoh iklan facebook konversi situs webiste


5. Pemasangan aplikasi dan Interaksi dengan aplikasi

Jika anda mempunyai aplikasi, anda juga bisa memasang iklan di facebook untuk kategori applikasi. Iklan jenis pemasangan aplikasi ini antara lain yaitu Game facebook , Aplikasi situs untuk smartphone seperti android dan iOS.

Iklan Pemasangan Aplikasi dan Interaksi dengan aplikasi Muncul di Desktop Komputer


Iklan Pemasangan Aplikasi dan Interaksi dengan aplikasi yang muncul di ponsel smartphone


6. Tanggapan acara, Dan Klaim Tawaran

Kedua jenis iklan facebook Tanggapan acara Dan Klaim Tawaran ini kurang banyak di minati, Untuk iklan Tanggapan acara ini untuk mempromosikan acara seperti musik, sosial, pemilu dan lainya. Untuk iklan facebook Klaim Tawaran ini untuk mempromosikan iklan dengan kategori kerjasama atau investasi.

Cara Mudah Membuat Dan Memasang Iklan di Facebook

Berikut ini adalah tahap untuk memasang iklan di facebook. Untuk memasang iklan di facebook anda harus mempunyai Kartu kredit Card seperti Visa atau Master Card untuk membayar iklan yang akan anda tampilkan di facebook.

Untuk memsang iklan di facebook, yang pertama anda harus lakukan yaitu , silahkan login ke akun facebook anda, Setelah anda login silahkan anda menuju ke beranda facebook lalu lihat bagian menu kiri agak bawah " Halaman " di bawah menu halaman ada sub menu "Buat Iklan" Silahkan anda klik, Berikut gambar penjelasanya.


Jika di akun facebook tidak mempunyai halaman, ada alternatif lain, yaitu klik menu "Buat Iklan" di atas iklan samping bagian kanan bawah. berikut adalah gambar penjelasanya alternatif lain membuat iklan di facebook.


Setelah anda klik menu "Buat Iklan", anda otomatis akan menuju halaman "Beriklan di facebook", dan ada bisa memilih jenis iklan facebook sesuai keinginan anda seperti gambar di bawah ini.


Silahkan anda pilih kategori iklan facebook yang anda inginkan, untuk sekedar contoh saya memasang iklan untuk kategori "Interaksi dengan kirimiman Halaman" Dan setelah itu masukan halaman yang ingin anda iklankan.


Setelah itu jika sudah memasukan halaman yang ingin di iklankan , silahkan klik "Lanjut". Dan anda akan menemui tampilan pratinjau untuk iklan halaman anda. Isi data-data yang diperlukan untuk kategori iklan anda seperti, iklan dapat muncul di ponsel, batas umur yang melihat iklan dan Lama iklan akan tampil di facebook. Untuk harga iklan di facebook yaitu Rp.45 ribu/hari untuk dalam masa-masa promosi iklan.


Setelah itu jika anda sudah rampung mengisi data dan settingan untuk iklan anda, silahkan anda klik menu " Tinjau Pesanan" yang berada pada bagian kiri bawah setelah kolom pengisian data iklan dan settingan untuk iklan.

Setelah itu anda akan menjupai po-up pratinjau iklan , jika sudah mantep dengan iklan anda yang ingin anda pasang di facebook, silahkan anda klik menu "Pesan"


Setelah anda klik menu "Pesan" anda akan melihat tampilan kolom pop-up pembayaran iklan, Silahkan itu gunakan Kartu Kredit/Debit (Visa dan MasterCard) untuk membayar tagihan iklan, Jika anda mempunyai coupon diskon silahkan klik centang untuk coupon iklan di facebook.


Seteleh itu anda klik menu "Lanjutkan" dan akan menemui tampilan windows baru di browser anda untuk kolom pengisian pembayaran Kartu Kredit/Debit untuk iklan yang akan di pasang di facebook.


Setelah data yang di perlukan untuk pembayaran iklan di facebook sudah anda lengkapi, kini silahkan anda klik "Kirim" untuk membayar iklan anda , setelah itu silahkan anda tunggu proses transaksi pembayaran iklan di facebook.

Setelah transaksi sukses dan berhasil, kini anda tinggal menunggu proses iklan yang di pasang untuk di proses. Jika tidak ada problem, dalam hitungan jam iklan anda akan muncul di situs facebook sesuai dengan kategori iklan yang anda buat. Anda juga bisa memonitori iklan yang anda buat di facebook seperti: berapa orang yang menge-klik iklan dan seberapa jauh iklan di facebook yang anda buat.

Sekian dulu dari saya untuk tutorial cara mudah membuat dan memasang iklan di facebook. Semoga tutorial yang saya buat ini bisa bermanfaat untuk anda yang belum tahu tentang bagaimana cara memsang iklan di facebook.