15 Januari 2014

Baguskah Makrab Untuk Mahasiswa?

Doc : FISIP UAJY

Malam keakraban atau lebih sering kita sebut Makrab, Hampir di seluruh perguruan tinggi di indonesia ini, mengadakan acara tersebut setiap tahunya. Biasanya makrab di adakan pada awal tahun pengajaran baru di perguruan tingi tersebut, dan di tujukan untuk para mahasiswa baru (maba).

Tujuan dari acara makrab itu sendiri yaitu adalah , Mengakrabkan mahasiswa sekelasnya atau se-angkatanya , tentunya hal ini akan berdampak bagus bagi para mahasiswa, terutama mahasiswa baru yang baru masuk di perguruan tinggi tersebut.

Tempat pelaksanaan makarb itu sendiri bisa di lakukan di berbagai tempat , Misal kan saja di dalam kampus itu sendiri, menginap di villa, piknik kreasi ke tempat wisata dll. Namun alangkah baiknya acara makrab itu sendiri di laksanakan di kampus , karena selain mengakrabkan mahasasiwa baru sekaligus dapat mengenalkan visi dan misi perguruan tinggi itu sendiri dan alhasil mahasiswa dapat mampu mengenal kampusnya.

Baguskah Makrab Untuk Mahasiswa?

Malam Keakraban untuk para Mahasiswa ini sebenarnya tujuan awalnya sangat bagus sekali , Karena Mahasiswa baru bisa lebih mengenal dan bisa saling akrab dengan teman se-angkatanya. Tak cuma itu saja mahasiswa baru juga dapat menganal perguruan tinggi mereka (jika pelaksanaan makrab itu sendiri berada di dalam kampus).

Lalu Bagaimana Makrab Yang Tidak Baik?

Sebagian besar acara makrab itu di salah gunakan oleh para mahasiswa itu sendiri , Dengan berbagai embel-embel kebersamaan , ke akraban dll, Namun di dalam acara tersebut intinya hanya bersenang dan tidak ada ilmu yang di dapatkan.

Acara makrab yang bagus tentunya di adakan oleh pihak ( kampus dan organinasi kampus ), Karena lebih terjamin akan keselamatan mahasiswa itu sendiri dan tentunya akan banyak ilmu yang di dapatkan. Jika pelaksana makrab itu sendiri cuma teman sekelas , tentunya itu sangat tidak bagus apalagi pelaksanaan makrab itu sendiri menginap di Villa.

Tentunya anda juga sudah bisa berfikir , bilamana makrab itu di laksanakan oleh teman sekelas anda sendiri , apalagi seperti yang saya bilang di atas , dilaksanakan di Villa , pastinya makrab akan menjadi malam yang nakal dan pemborosan. 

Bagi orang tua mahasiswa , tentunya anda bisa membedakan acara makrab resmi dari kampus atau cuma akal-akalan teman sekelas anak anda. Biasanya kalau acara makrab resmi dari kampus itu ada pemberitahuan kusus untuk para orang tua (Melalui berita cetak , web , pengumuman dll).

Sebenarnya kegiatan makrab itu sangatlah bagus , namun banyak yang di salah gunakan . Jadi kesanya Makrab ini menjadi kegiatan yang tidak bagus dan intinya makrab itu pemborosan. Bagaimana pendapat anda mengenai Malam Keakraban (Makrab)? jika anda memiliki pendapat , silahkan berkomentar di bawah.!