9 September 2014

Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Ikan bisa di sajikan untuk hidangan lauk pauk yang sangat lezat, Harga ikan mentah per kilonya memang sangat terjangkau. Namun bila sudah masak atau matang siap di santap, harga ikan tersebut bisa mencapai 5 kali lipat.

Yang sangat mempengaruhi harga ikan yang sudah matang yaitu mengelolanya menjadi sebuah hidangan. Banyak ibu-ibu malas memasak ikan karena tidak suka dengan bau amisnya, padahal ibu-ibu itu suka sekali memasak.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini helloridwan akan memberikan sebuah tips cara mudah menghilangkan bau amis pada ikan

Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Bagaimana caranya agar orang tidak dengan mudah menolak makanan yang kaya gizi ini ? Susah susah gampang sepertinya, namun untuk mengantisipasi bau amis pada ikan, mari kita coba gunakan jurus jitu berikut :

Sebelum diberikan bumbu penghilang bau amis, Ikan harus segera diolah secepat mungkin, Semakin cepat ikan dimasak atau dibekukan setelah anda beli, maka ikan akan semakin sedikit mengeluarkan bau. 

Terlebih dahulu bersihkan ikan utuh hingga ke sela-sela. Potong kepala dan bersihkan kotoran di bawah kepala atau biasa disebut dengan 'jerohan' ikan. Tahukah Anda bagian hitam yang biasa ada di bagian atas ikan setelah kepalanya dipotong? Ya, bagian itu adalah penyebab utama ikan berbau amis. Jadi, bersihkan bagian hitam tersebut hingga bersih.

Perlakuan standar, cucilah ikan di air mengalir. Bilaslah ikan dengan bersih sampai ke sela-sela terdalam karena ada kotoran hitam yang terdapat dibawah kepala ikan tersebut yang menjadi sumber bau amis.

Setelah ikan bersih, lumuri dengan garam dan tambahkan air jeruk nipis/jeruk lemon, olesi sampai rata. Untuk 1 kg ikan laut dibutuhkan 3-4 sdm air jeruk lemon . Sementara untuk ikan airtawar dibutuhkan 2 sdm air jeruk. Setelah itu ikan dicuci kembali . Lakukan hal yang sama sebanyak 3 kali. Terakhir, setelah dilumuri garam dan jeruk nipis diamkan selama 20 menit , lalu dicuci bersih lagi sebelum diolah.

Penggunaan garam bertujuan agar minyak ikan yang berbau amis yang masih menempel dapat keluar melalui bantuan garam. Apabila Anda penderita darah tinggi atau sedang menjalani diet rendah garam, pemakaian garam dapat dihilangkan. Penggunaan air jeruk lemon disamping menghilangkan bau amis juga berfungsi menurunkan kadar asin yang dikandung ikan disamping itu juga agar ikan masih dalam kondisi segar saat memasaknya.

Dengan cara di atas, ikan tidak berbau amis lagi saat di masak. Selain menghilangkan bau amis ternyata cara atau tips di atas memberikan sebuah tendangan rasa ikan yang nikmat setelah matang. Nah, sekian dulu tips dari helloridwan dan selamat mencoba.