25 September 2014

5 Cara Aman Menggunakan Wi-Fi Gratisan

Siapa yang tak tertarik dengan hal yang berstatus gratisan. Seperti makanan atau yang lain yang cukup bermanfaat, jika itu adalah sebuah hal yang gratis maka siapa yang tak mau.

Seperti halnya dengan Wi-Fi, Wi-Fi gratis sekarang cukup mudah kita temui. Mulai dari kampus, restoran, kafe, kolam renang, tempat nongkrong dan masih banyak lagi.

Tersedianya Wi-Fi gratis memang cukup menguntungkan. Apalagi jika kita sedang membutuhkan sebuah file dengan ukuran besar yang harus segera kita download. Sudah gratis, kecepatan koneksipun cepat. Begitulah alasan orang memilih Wi-Fi gratis ketimbang memakai kuota sendiri.

Namun di dunia ini tidak ada yang sempurna. Meski cukup bermanfaat, namun Wi-Fi gratisan juga memiliki kelemahan yang jika anda tidak mengetahuinya maka bahaya para penjahat cyber akan mengincar anda.

5 Cara Aman Menggunakan Wi-Fi Gratisan

Bagaimana cara mengatasinya, dapat anda simak di bawah ini.

1. Selalu gunakan koneksi VPN
Anda harus selalu menggunakan koneksi VPN untuk mengakses jaringan Wi-Fi. Jika tidak memiliki koneksi VPN, mau tidak mau anda harus mendapatkannya kemudian anda instal koneksi VPN yang telah anda dapatkan keseluruh gadget anda, seperti smartphone, tablet maupun laptop.

2. Jangan gunakan Wifi yang memblokir VPN anda.
Alangkah baiknya anda tidak memaksakan diri untuk nekat mengakses Wi-Fi yang memblokir VPN anda. Jika memang harus, lebih baik anda menggunakan internet melalui TOR Browser bersamaan dengan pengaturan DNSCrypt langsung ke perangkat.

3. Periksa update firmware
Jika anda memiliki Acces Point. Pastikan firmware anda benar-benar dalam kondisi ter-update. Jika belum, maka segeralah meng-update firmware. Jangan biarkan Acces Point milik anda dalam pengaturan bawaan pabrik (default setting). Segera merubah pengaturan dan sandi.

4. Ubah WPA atau WEP ke WPA2
Setelah langkah ke tiga, periksa enkripsi Acces Point saat ini. Apabila kondisi enkripsi pada WPA atau WEP, maka anda harus mengubahnya dengan WPA2 dengan pengaturan AES. Setelah itu, non-aktifkan broadcasting SSID dengan password jaringan yang anda miliki cukup kuat.

5. Jangan sembarang memposting file
Jika anda berada di tempat yang tidak pasti keamanan jaringannya, anda tidak boleh buru-buru memposting gambar ataupun file lain. Tunggulah hingga anda bisa mendapatkan jaringan yang aman untuk bekerja. Hal ini untuk menghindari adanya peluang bagi para penjahat cyber yang merugikan kita.
Cara diatas perlu dilakukan karena pada umumnya jaringan Wi-Fi publik tidak menggunakan pengenkripsian tertentu, sehingga peluang para penjahat cyber untuk melancarkan aksinya dalam mencuri password maupun file privasi dapat dicegah.

Tips-tips diatas adalah tips dari para pakar Kaspersky Lab, jadi tidak perlu diragukan lagi.

Nah bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara mempercepat koneksi Wi-FI, anda dapat menyimaknya di artikel Cara Mudah Mempercepat Koneksi Wifi (Hotspot).