22 Agustus 2014

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Produsen motor Yamaha resmi meluncurkan dua varian motor sport untuk penggemar motor di Indonesia. Dua varian itu adalah Yamaha YZF-R15 dan Yamaha YZF-R25. Untuk memenuhi keinginan konsumen setia Yamaha di Indonesia, kedua produk pabrikan berlambang garpu tala ini memiliki desain yang sporty dan modern. Dengan menerapkan desain body full fairing, dua lampu depan kembar berbentuk tajam, dan ujung body depan belakang yang lacip, membuat motor terlihat gagah nan sporty.

Yamaha R15 dibekali mesin berkapasitas 149,8cc yang dapat menghasilkan tenaga 16,76hp ( 17PS) pada putaran mesin 8500rpm dan torsi puncak 15Nm pada putaran mesin 7500rpm. Untuk bobot 136kg dan rasio power 123bhp/ton. Dengan tenaga yang diusungnya itu, Yamaha R15 dapat berlari dari 0-100km/jam hanya dalam  waktu 11,5 detik dan top speed hingga 130km/jam.

Yamaha R15

Untuk Yamaha R25 mengusung mesin berkapasitas 249cc, 2 silinder segaris, DOHC direct drive camshaft 8 katup, 4tak, dengan sistem bahan bakar injeksi, mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 26,5KW (36PS) pada putaran mesin 12.000rpm dengan torsi maksimal sebesar 22,1Nm pada putaran mesin 10.000rpm. Dengan kualitas mesin DiASil Cylinder dan Forgen piston yang teruji ketahanannya. R25 dibekali transmisi 6-speed yang dapat memacu kecepatan dari 0-100km/jam dengan waktu 7 detik dan top speed 170km/jam.

Yamaha R25

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai agen pemegang merk Tanah Air meresmikan harga yang cukup kompetitif, untuk Yamaha R15 dibanderol dengan harga 28 juta rupiah OTR Jakarta. Dan Yamaha R25 dengan harga 53 juta rupiah OTR Jakarta.

Bagi pengguna Yamaha R15, kabar baiknya adalah dapat memodifikasi motor ini dengan livery khas pembalap legendaris MotoGP Valentino Rossi plus ditambah berbagai aksesoris resmi. Tetapi bagi yang ingin memakai warna standar pabrik, Yamaha menyediakan warna untuk R15 diantaranya, racing blue, supernova red, dan midnight black.

Aksesori resmi, seperti cover single seater, tank cap, fuel cap, LED position lamp, cover tandem braket set, dan engine guard bisa didapatkan diseluruh dealer flagship R shop. Untuk warna disesuaikan dengan warna-warna yang digunakan Valentio Rossi. Pengecatan dikerjakan oleh Cargloss.

Tanki bahan bakar pun dapat diberi tanda tangan Rossi, tanda tangan itu benar-benar asli dari pembalap legendaris MotoGP itu karena dikirim khusus ke Jepang untuk mendapatkan persetujuan.

Informasi tambahan:

Spesifikasi body R15 antara lain, Superbike Speedometer (desain speedometer sporty), Racy Hand Grip (didesain langsung oleh Rossi, genggaman sempurna dan mantap), Alumunium Rear Arm, Delta Box (rangka awet, kuat, dan kokoh), Split Seat (memastikan kenyamanan pengendara), Lampu depan ganda (pencahayaan lebih terang), Tail light (LED desain modern), Wide Tyre (mampu mencengkeram aspal sempuna dan stabil).

Spesifikasi body R25 antara lain, Supersport Speedometer (desain modern, dengan Shift Gear Lamp Indicator membantu perpindahan gigi pada RPM yang tepat), Supersport Split Seat (jok anti slip), Supersport LED Tail Light (lampu belakang full LED), Dual Predator Head Light (desain tampak agresif), Asymmetrical Rear Arm & Twin Tube Rear Suspension by KYB (lengan ayun asimetris, bahan baja, kendali lebih stabil), Mid Ship Sporty Muffler (desain sporty dan suara mantap), Alluminium Cast Wide Wheel & Wide Tire (velg lebar untuk performa maksimal), Foalting Front Disc Brake & Biggest Tube Front Suspension (pengereman lebih optimal).

Hasil kesimpulan helloridwan.com dari berbagai referensi mengenai review Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang, dapat dilihat dibawah ini:

Yamaha R15, riding position racy, akselerasi ringan dan di putaran menengah keatas terasa hentakan tenaganya, handling mantap, pengereman pakem, suspensi agak keras karena bertujuan untuk kestabilan ketika kecepatan tinggi (ini kan motor kencang).

Yamaha R25, tarikan bawah terasa ringan begitu gas dibuka, motor langsung melesat ditarikan-tarikan berikutnya, dengan posisi setang yang tidak terlalu rendah, dan tinggi jok yang cukup R25 memiliki handling yang sangat nyaman, ketika diajak bermanuver pada trek lurus maupun berkelok-kelok mudah dikendalikan, jika untuk jarak jauhpun R25 tidak membuat cepat letih, pengereman tetap stabil.