17 Agustus 2014

Tips Membersihkan Motor Dan Mobil Jadi Kinclong

Motor dan mobil anda sangat buluk, kotor, berdebu? Mungkin memang diri anda yang sangat malas untukk merawat motor atau mobil anda. Motor atau mobil yang sangat kotor, tentunya juga sangat berpengaruh terhadap masa pakai dan harga jual kendaraan anda.

Merawat atau membersihkan kendaraan kita itu tidaklah mahal jika kita merawatnya dengan tertip dan benar. Namun jika anda sudah terlambat untuk merawat atau membersihkanya, tentunya akan memakan biaya yang cukup banyak untuk mensulapnya lagi jadi seperti baru atau kinclong kembali.

Tips Membersihkan Motor Dan Mobil Jadi Kinclong

Motor dan mobil itu seperti hewan peliharaan kita, yang butuh makan dan minum maupun perawatan khusus lainya. Oleh sebab itu, rawatlah motor dan mobil anda mulai sekarang! jangan tunggu sampe rusak atau kotor.

Untuk anda yang malas membersihkan motor atau mobil, bisa langsung membawa kendaraan anda ke tempat pembersihan pencucian mobil atau motor supya kendaraan anda menjadi kinclong lagi. Namun bagi anda yang ingin membersihkan sendiri di rumah, bisa menrepakan tips di bawah ini..

Tips Membersihkan Motor Dan Mobil Jadi Kinclong

Pertama yang perlu diingat, jangan mencuci dengan deterjen atau sabun colek. Keduanya mengandung zat kimia yang tinggi dan dapat merusak cat pada motor atau mobil serta dapat membuat cat menjadi pudar. Gunakanlah sabun atau shampo khusus yang sudah tersedia di banyak tempat.

1. Gunakanlah Spray Waxing

Selalu gunakanlah semprotan waxing setelah kita mencuci mobil dan motor kita agar selalu tampak mengkilap dan baru, semprotan seperti ini sudah banyak dan mudah di temui di took-toko atau pasar swalayan. 

Untuk Mobil : Jika anda tidak punya banyak waktu untuk melakukannya ke seluruh bodi mobil anda paling tidak lakukan secara horizontal pada bodi mobil kita secara sederhana. Dan jika lapisan wax nya sudah mulai menipis lakukan waxing lagi secara berkala.

2. Claying mobil

Claying adalah cara yang digunakan untuk membersihkan mobil kita, memang agak asing terdengar tapi jika anda ke showroom mobil atau bengkel tanyakan saja mengenai hal ini pasti mereka mengetahuinya dan akan merekomendasikan. Claying ini juga bisa anda gunakan untuk body motor anda supaya halus dan bersih.

3. Berikan Lapisan Wax

Lapisan wax atau silikon akan membuat tampilan motor atau mobil lebih mengkilap dan cemerlang. Aplikasi ini cocok diberikan pada motor atau mobil setelah dicuci bersih dan dikeringkan. Lapisan silikon akan melindungi cat dari sinar matahari dan partikel kotoran yang menempel. 

Memang ada kontroversi pemakaian silikon ini, ada yang berpendapat akan menggerus cat dan ada yang tidak. Memang ada dua jenis material ini , ada yang bersifat menggerus cat dan ada yang bersifat melapisi.

4. Gunakan Coca-Cola Untuk Besi Berkarat Pada Kendaraan

Anda pasti akan terkejut mendengar kegunaan Coca-Cola yang satu ini. Akan tetapi, hal ini benar-benar dapat dilakukan dan akan membuahkan hasil. Yah, minuman bersoda ini selain dapat dikonsumsi ternyata dapat digunakan sebagai penghilang karat. Caranya?

Celupkan kain ke Coca-Cola, lalu oleskan ke beberapa bagian kendaraan yang berkarat. Tekan dan gosok-gosok dengan kain hingga karat tersebut luntur dan hilang. Ulangi cara ini secara rutin dan benar, maka motor atau mobil anda akan terbebas dari karat.

Dengan ke 4 tips atau cara di atas, mobil atau motor anda akan kembali seperti baru alias kinclong. Jika kendaraan anda bersih, tentunya mesin akan awet dan harga jual kembali tinggi, Manfaat kendaraan bermotor atau mobil kita bersih lainya yaitu, pastinya kita akan nyaman di saat mengendarainya.