5 Oktober 2014

Cara Tepat Mengolah Daging Agar Empuk dan Tidak Bau

Daging merah seperti daging sapi maupun daging kambing memiliki tektsur yang lebih keras dibandingkan dengan daging putih seperti daging ayam atau ikan.

Meski rasanya lebih lezat dan memiliki kepuasan tersendiri memakan daging sapi atau kambing, namun apabila dimasak dengan cara yang kurang tepat malah menjadi sebuah menu masakan yang membuat selera makan hilang karena kealotan dan bau prengus (daging kambing) yang masih ada.

Di hari raya Idul Adha, umat Islam di Indonesia umumnya melakukan qurban menyembelih sapi dan kambing. Di hari itu pula maka stok daging di kulkas anda juga akan bertambah drastis, mungkin hari seperti ini lah yang ditunggu-tunggu karena dapat menikmati daging sapi dan kambing dengan gratis.

Stok daging banyak, bumbu pun sudah siap untuk diracik. Namun anda khawatir apakah resep yang akan anda gunakan untuk mengolah daging sapi dan kambing dapat menghasilkan sebuah hidangan daging yang empuk dan tidak berbau?

Cara Tepat Mengolah Daging Agar Empuk dan Tidak Bau

Perlu tambahan cara dan sedikit bahan agar olahan daging anda dapat menghasilkan hidangan yang sempurna sesuai dengan harapan. Ya! Lezat dan tidak bau prengus.
Ada 5 cara yang harus anda lakukan, berikut penjelasannya.

1.    Jangan dicuci
Orang sering mencuci daging yang akan diolah dimaksudkan agar daging bersih dan higenis. Hal ini bisa anda lakukan ketika akan mengolah daging ayam maupun ikan, namun tidak untuk daging sapi maupun kambing.

Karena dengan anda mencuci daging, bau amis atau prengus akan semakin menyengat dan tekstur daging pun menjadi lebih keras. Alhasil, ketika matang daging menjadi alot.

Solusinya, langsung saja rebus daging tanpa perlu dicuci. Buang air rebusan kemudian silahkan anda olah sesuai keinginan.

Namun jika anda lebih suka mencucinya, sebaiknya anda rebus daging (yang sudah dicuci) dengan rempah-rempah yang dapat menghasilkan aroma harum seperti jahe, daun jeruk, serai, dan kemangi.

2.    Balur parutan nanas
Anda dapat membalur  daging kambing atau sapi dengan parutan nanas, dan mendiamkannya selama setengah jam. Jika sudah anda dapat mengolahnya. Cara ini dilakukan karena getah nanas dapat melunakkan daging serta mengurangi bau amis pada daging.

3.    Lumuri air jeruk nipis
Selain membalur parutan nanas, pilihan lainnya adalah anda dapat melumuri daging dengan air jeruk nipis  dan mendiamkannya selama setengah jam. Air jeruk nipis bermanfaat untuk mengurangi bau amis daging serta dapat melunakkannya.

4.    Balur parutan buah pir
Mungkin cara ini tidak umum dilakukan oleh orang Indonesia, karena cara ini biasa dilakukan oleh orang barat. Manfaatnya pun sama, yaitu untuk menghilangkan bau amis dan melunakkan daging. Caranya sama seperti membalur daging dengan parutan nanas.

5.    Bungkus daun pepaya
Daun pepaya memiliki enzim yang dapat menjadikan daging kambing maupun sapi lebih lunak/empuk. Selain daun pepaya, anda dapat menggunakan daun jambu atau jati untuk membungkus daging dalam keadaan masih mentah.

Seperti itulah cara agar olahan daging sapi dan kambing tidak amis dan tidak alot. Namun bagi anda yang ingin mengolah daging sapi menjadi sebuah bakso yang lezat. Anda dapat mempelajari resepnya di Resep Membuat Bakso Daging Sapi Yang Enak Dan Lezat.