5 Oktober 2014

Update iOS 8 Tanpa Harus Menghapus Data Penting

Cara Update iOS 8 - Saat ini para pengguna iPhone dan iPad tengah berbondong mengupdate sistem operasi terbarunya, yakni iOS 8. Hal itu lantaran sistem operasi terbaru dari smartphone besutan Apple itu memiliki segudang fitur baru yang cukup menarik.

Meski sebelumnya sempat berhembus rumor mengenai iOS 8 sebagai penyempurna dari iOS7. Hal itu kini telah terbukti, bahwa di sistem operasi iOS 8 memiliki begitu banyak fitur terbaru serta pengembangan dan juga penyempurnaan fitur lama dari sistem operasi iOS 7.

Bersamaan dengan diperkenalkannya Mac OS X Yosemete beberapa waktu lalu yang memiliki fitur unggulan, yakni Spotlight. Fitur tersebut ternyata juga disematkan pada iOS 8.

Dukungan fitur Quick Type pada iOS 8 juga dapat memberikan pelayanan lebih berupa penulisan cepat.
Pengguna iPhone yang telah meng-update iOS 8 juga dapat mengontrol dan memeriksa kesehatan diri seperti kadar gula dalam darah dengan fitur yang dinamakan HealtKit.

Aplikasi terkenal milik Apple, Siri juga mengalami penambahan fitur, salah satunya fitur Shazam. Fitur lain yang terdapat pada iOS 8 yang dapat dimiliki oleh pengguna iPhone yang telah meng-update sistem operasinya antara lain, notifikasi interaktif, penambahan new birds eye view untuk iPad, side bar untuk bookmark dan masih banyak lagi.

Update iOS 8 Tanpa Harus Menghapus Data Penting

Namun, bagi pengguna iPhone 4 maupun 4s harus menerima  kekecewaan, pasalnya iOS 8 hanya support pada iPhone 5, 5s, 5c, 6, dan 6 plus saja.

Untuk bisa update dari iOS 7 ke iOS 8, pengguna iPhone harus menyediakan ruang memori yang cukup besar,  sekitar 5,7 GB agar dapat mengunduh iOS 8 fullversion dengan lengkap.

Namun faktanya, untuk menyisakan ruang memori sebesar itu bagi pengguna iPhone yang telah menyimpan banyak file penting seperti foto maupun aplikasi kesayangan mau tak mau harus menghapusnya.

Hal ini yang membuat dilema bagi para pengguna iPhone atau iPad diseluruh penjuru dunia. Karena untuk menghapus ratusan file begitu saja adalah sebuah langkah yang tidak mungkin diambil hanya untuk mengunduh sebuah sistem operasi terbaru.

Namun ada cara agar anda pengguna iPhone tidak perlu menghapus data pribadi untuk bisa mengupdate sistem operasi iOS 8. Caranya anda harus menyiapkan sebuah komputer untuk mendukung cara ini.

Jadi cara update sistem operasi ke iOS 8 dijalankan dengan komputer, iPhone atau iPad harus dihubungkan serta harus sinkron dengan komputer.

Cara ini adalah cara paling aman ketimbang harus meng-updatenya langsung dari iPhone ataupun iPad. Memindahkan patch update iOS 8 ke iPhone atau iPad anda pun bisa dilakukan secara manual.

Jika anda benar-benar sudah memutuskan untuk meng-update iOS anda dengan komputer, pada kolom notifikasi update iOS 8 di iTunes, pastikan anda memilih opsi ‘check for update’ dan jangan memilih opsi ‘restore phone’.

Karena jika anda memilih ‘restore phone’, maka dapat menghapus data-data di iPhone. Untuk lebih aman lagi, sebelum anda melakukan pengunduhan iOS 8 lebih baik anda backup terlebih dahulu data-data yang tersimpan dalam iPhone atau iPad anda via iCloud agar jika terjadi gagal atau hal yang tidak anda inginkan, anda masih memiliki data cadangan.