8 Oktober 2014

3 Cara Merawat Kartu ATM Supaya Tidak Rusak

Cara Merawat Kartu ATM - ATM adalah Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" bank. 

Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko. ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank itu sendiri.

Untuk menggunakan mesin ATM, nasabah oleh pihak bank di berikan sebuah kartu ATM sekaligus PIN untuk mengakses mesin ATM. Sayangnya kartu ATM ini mudah sekali rusak, patah apalagi bagian garis hitam ATM sering lecet atau mengelupas kalau tidak di jaga dengan baik.

Cara Merawat Kartu ATM Supaya Tidak Rusak

Saya sering kali mengalami kartu ATM rusak, hingga sering kali harus ke bank untuk mendapatkan kartu ATM yang baru. Saking seringnya saya ke bank untuk mengganti kartu ATM yang rusak, hingga-hingga kariawan bank banyak yang kenal dengan saya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah pengalaman untuk anda, tentang bagaimana cara merawat kartu ATM supaya tidak rusak. Menurut pengalaman saya, supaya kartu ATM tidak gampang rusak silahkan langsung saja simak tips di bawah ini.

1. Simpan Saja di Rumah

Tempat paling aman untuk menyimpan kartu ATM yaitu di rumah. Simpanlah di lemari atau loker yang memiliki keempukan. Dengan cara ini, pastinya kartu ATM anda tidak akan pernah rusak, hilang, atau patah.

Ambilah kartu ATM anda jika saat ingin mengambil uang di ATM atau kegiatan penting lainya saja. Lalu jika sudah, kembalikan lagi ke tempat anda menyimpan ATM.

2. Jangan Simpan di Dompet

(Khusus laki-laki), kebanyakan kartu ATM yang dimiliki oleh para laki-laki sering rusak ketimbang kartu ATM milik perempuan. Mengapa begitu? Dari segi desain dompet laki-laki dengan perempuan sangat berbeda.

Jika laki-laki biasa menyimpan dompet di saku belakang celana, Apalagi juga menyimpan kartu ATM di dompet. Kartu ATMnya akan lebih cepat rusak atau bisa juga patah.

Berbeda dengan perempuan yang sering kali menyimpan kartu ATM di dompet yang biasanya di tenteng atau di masukin ke dalam tas.

3. Simpan di tempat khusus Kartu ATM

Jika anda sering kali keluar dan sering menggunakan kartu ATM untuk bertransaksi. Simpanlah kartu ATM di tempat khusus kartu ATM, Seperti dompet khusus kartu. Jangan di gabung dengan dompet isi uang anda. Dan yang paling penting yaitu jangan simpan di saku celana.

Nah itulah tadi 3 Cara Merawat Kartu ATM Supaya Tidak Rusak, Dengan cara di atas, kini kartu ATM saya tidak mudah rusak lagi sampai expired. Sekian dulu dari saya, dan semoga tips merawat kartu ATM ini bisa bermanfaat untuk anda.