22 September 2014

Aplikasi Smartphone Untuk Membantu Ibadah Haji

Bagi umat muslim, menunaikan ibadah haji adalah sebuah kegiatan ibadah tahunan. Hampir semua umat muslim sangat mengidam-idamkan untuk segera dapat menunaikan ibadah haji.

Namun karena biaya yang cukup besar untuk bisa berangkat ke tanah suci, tidak semua umat muslim dengan mudah bisa berangkat menunaikan ibadah haji.

Untuk memudahkan dan membantu proses kegiatan ibadah haji, kini telah hadir aplikasi-aplikasi smartphone yang patut anda coba untuk anda atau sanak saudara yang akan segera melaksanakan ibadah haji.

Hampir semua aplikasi ibadah haji ini menyediakan fitur berupa gambar yang dapat memudahkan pengoperasian dan tampilan yang ramah.

Aplikasi Untuk Membantu Ibadah Haji Anda

Didalamnya terdiri banyak opsi atau pilihan mengenai syarat-syarat haji, tata cara, dan prosedur menunaikan haji.

Langsung saja yuk kita lihat aplikasi-aplikasinya.

1. Labbaik
Dari namanya saja sudah terasa nuansa haji, aplikasi ini cukup canggih, karena kita dapat mendengarkan lantunan ayat-ayat Al-qur’an dan doa-doa yang dapat kita atur kecepatan bacanya, tidak hanya itu, kita juga dapat melihat arti dari ayat-ayat yang kita dengarkan.

Dengan tampilan yang simpel dan tersedia dalam bahasa Indonesia maupu Inggris, saya yakin siapapun akan mudah menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Labbaik tersedia untuk platform Android maupu iOS.

2. 3D Hajj and Umrah Guide
Bagi yang baru pertama kali menunaikan ibadah haji, aplikasi ini cukup membantu, karena dapat menampilkan tata cara dan langkah-langkah melaksanakan berbagai kegiatan haji dalam bentuk 3D. Jadi akan mengurangi kebingungan.

Namun aplikasi ini hanya tersedia dalam bentuk bahasa Inggris.

3. Fiqh Haji Bergambar
Melakukan ibadah haji tidak lengkap jika kita tidak tahu tentang seluk beluk kota Mekah, hingga kisah Nabi Muhammad SWT ketika sedang menunaikan haji. Selain memberikan banyak informasi, aplikasi ini juga menampilkan tata cara berupa gambar.

4. Haji dan Umroh Guide
Konsepnya hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, namun terdapat banyak pilihan informasi yang mau kita pelajari, mulai dari Definisi Haji, Keutamaan Haji, Syarat-Syarat Haji, Rukun Haji dan masih banyak lagi.

5. Manasik Haji & Umrah
Aplikasi inipun tidak kalah lengkap, dengan tampilan khas Islami, dengan didominasi warna hijau di latar belakang maupun opsi aplikasinya. Jika anda ingin membaca ayat maupun doa tertentu, akan sangat mudah menemukannya karena disediakan kolom pencarian, sehingga anda tinggal mengetikkan saja surat apa yang akan anda baca.

6. Doa Umrah
Meski nama aplikasinya Doa Umrah, namun didalamnya juga tersedia Doa Haji. Menampilkan doa dalam bentuk audio yang dapat membantu jamaah haji untuk selalu membaca doa-doa menunaikan ibadah haji.

Semoga dengan tersedianya berbagai aplikasi yang dapat bermanfaat dan membantu proses menunaikan ibadah haji, dapat mempermudah para jamaah haji yang sedang menunaikan ibadah yang dilaksanakan setahun sekali ini.