31 Agustus 2014

Tekuni Hobi dapat Memperpanjang Umur

Melakukan aktifitas pekerjaan dengan tuntutan dan tekanan setiap harinya membuat hidup kita terasa penat, karenanya akan muncul perasaan stress, frustasi, bosan dan perasaan lain yang menyiksa hari-hari anda.

Anda perlu berhati-hati, pasalnya hidup yang cenderung terlalu banyak memikirkan masalah, sering melamun otomatis akan menimbulkan perasaan cemas dan frustasi. Dengan demikian akan memicu penyakit dalam, penuaan dini seperti keriput pada kulit dan kerontokan rambut.

Terus apa alasan mengapa stress akan memperpendek umur? Sebenarnya bukan stress itu yang memperpendek umur, tetapi sikap kita dalam menanganinya. Sikap kita yang cenderung mencemaskan masalah dapat menurunkan kemampuan dan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi diri kita dari penyakit.

Tekuni Hobi dapat Memperjanjang Umur

Kecenderungan seseorang ketika sedang mengalami stress yaitu ingin selalu makan yang manis-manis, yang ini dapat menyebabkan penyakit diabetes. Selain itu juga dapat mempengaruhi kualitas tidur, seseorang akan mengalami insomnia ketika sedang mengalami frustasi.

Terkadang kita berpikir andai saja hidup tanpa masalah, ini adalah sebuah hal yang mustahil, jangan kita berandai dan berupaya untuk menghindari sebuah masalah, tetapi hadapi dengan sesuatu yang lebih menyenangkan agar kita lebih ringan dan lebih relaks dalam menghadapi sebuah masalah.

Sebernarnya ada banyak hal untuk dapat meringankan bahkan menghilangkan perasaan stress dan frustasi. Seperti banyak bergaul, berolah raga, dan tidur yang cukup. Tetapi tidak semua orang menyukai metode atau cara seperti itu. Karena orang akan ada semangat melakukan sesuatu ketika mereka menyukai aktifitas tersebut. Jadi lakukan sesuatu sesuai passion anda asalkan itu bersifat positif.

Aktifitas sesuai passion biasa disebut hobi. Melakukan aktifitas sesuai hobi pasti tidak akan ada tekanan, anda dapat memanfaatkan kegiatan atau aktifitas sesuai hobi untuk menghilangkan kepenatan di hidup anda. Dengan begitu, masalah yang sedang dihadapi tidak akan berpengaruh negatif terhadap perasaan anda.

Dewasa ini ada sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, mereka menemukan bahwa seseorang yang memiliki tujuan atau arah hidup yang kuat dapat memperpanjang umur.

Tidak terlalu rumit untuk menciptakan sebuah tujuan hidup yang kuat, melakukan sesuatu yang berarti dan membuat kita senang seperti melakukan hobi itu sudah cukup efektif.

Anda merasa bingung hobi apa yang akan anda lakukan untuk dapat menghibur diri? Temukan dan tentukan aktifitas yang dapat menyalurkan bakat anda, anda merasa senang dan tidak ada tekanan dalam melakukan aktifitas tersebut.

Sebagai contoh disela-sela sekolah/kuliah ataupun pekerjaan anda pernah sesekali iseng menggambar atau melukis dengan mencoret-coret kertas kosong, atau mendengarkan musik, bermain musik, iseng-iseng membuat kerajinan tangan, memelihara hewan, fotografi, atau bahkan anda sangat menyukai menulis?

Lakukan hal-hal positif yang menyenangkan anda lakukan untuk dijadikan sebuah hobi. Melakukan hobi disela-sela waktu kosong atau beristirahat ketika beraktifitas, anda akan menikmati kehidupan. Dengan begitu anda akan jauh dari rasa stress dan frustasi yang dapat mengakibatkan penyakit.

Menekuni hobi bukan tidak mungkin anda dapat meraup keuntungan dari hobi anda, ketika hobi anda benar-benar bisa menciptakan sesuatu yang disenangi dan diminati orang lain maka anda bisa menjadikan sebuah hobi sebagai bisnis. Pasti anda pernah mendengar orang dapat menciptakan sebuah bisnis yang mula-mula dari sebuah hobi saja.

Namun tidak secara spontan anda menjadikan hobi anda sebagai bisnis sampingan, anda betul-betul harus menguasai dan menciptakan sebuah produk atau karya yang berkualitas dan layak jual. Berawal dari bisnis sampingan, menjadi sebuah pekerjaan utama. Disitulah tujuan hidup anda akan semakin kuat dan anda akan tidak terlalu banyak menemui kecemasan dikarenakan tekanan sebuah pekerjaan.

Selalu aktif dan berpikir positif juga akan mendukung anda untuk hidup lebih berkualitas, beribadah dapat anda lakukan untuk mendapatkan hati yang tenang dan selalu berpikir positif.