29 Agustus 2014

Pintar Berbahasa Asing dengan Aplikasi Duolingo

Smartphone bukan lagi termasuk barang mewah, sebagian besar masyarakat dunia menggunakan smartphone untuk mendukung aktifitasnya. Pengguna smartphone bisa melakukan apapun yang tidak dapat dilakukan oleh ponsel lama, mereka dapat mengobrol atau berbagi cerita dengan sesama pengguna smartphone melalui sosial media. Bermain game-game seru untuk menghilangkan kepenatan yang telah banyak disediakan dengan gratis. Hingga untuk menambah wawasan bisa mencari informasi dalam waktu singkat di internet.

Namanya juga smartphone atau ponsel pintar, penggunanya juga harus lebih pintar untuk dapat menguasai dan memanfaatkan secara penuh generasi ponsel terbaru ini. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan pengguna smartphone seperti aplikasi android membuat otak jadi pintar.

Karena di internet hampir sebagian besar informasi dalam bahasa asing, khususnya bahasa inggris. Maka untuk mengoptimalkan anda benar-benar dapat memanfaatkan dunia internet secara menyeluruh anda perlu bisa bahasa asing.

Pintar Berbahasa Asing dengan Aplikasi Duolingo

Mahir dalam bahasa asing tidak hanya bermanfaat di dunia maya atau internet, di dunia nyata jauh lebih bermanfaat karena anda bisa leluasa untuk berkomunikasi apabila bertemu dengan orang asing. Karena bahasa inggris adalah bahasa internasional, maka mahir dalam berbahasa inggris adalah sebuah kewajiban bagi anda yang berbisnis berskala internasional atau menimba ilmu disekolah atau perguruan tinggi internasional.

Dengan memanfaatkan smartphone yang anda miliki, anda bisa gunakan untuk membantu anda belajar bahasa asing. Aplikasi itu adalah Duolingo.

Seperti apa sih Duolingo itu? Yang pasti aplikasi ini sangat mengasikkan, anda akan diajak belajar dengan metode yang tidak membosankan. Tidak hanya belajar bahasa asing dalam bentuk gambar dan tulisan, ada suaranya kok, sehingga anda tahu pengejaan bahasa asing dengan benar.

Bentuk pembelajaran yang disediakan oleh aplikasi berlogo burung warna hijau ini adalah memberikan perintah untuk menerjemahkan bahasa kita ke bahasa asing yang kita pilih sebelumnya, misalkan kita diawal membuka aplikasi memilih bahasa inggris, kemudian aplikasi memerintahkan kita untuk menerjemahkan kata dari bahasa indonesia, misal “wanita”, maka kita harus menunjukkan kata dan gambar yang sesuai dengan perintah yaitu gambar wanita dengan tulisan “women”

Tidak semudah itu, itu baru tahap paling awal, akan ada level-level layaknya anda bermain game. Karena aplikasi ini dirancang agar anda belajar seperti bermain game, maka dibuat seperti bermain game dengan deberikan empat nyawa berbentuk hati, nyawa ini hanya disediakan maksimal empat hati saja, hati berkurang ketika anda melakukan kesalahan dalam menebak soal tes.

Skor atau poin yang anda dapat, secara otomatis akan terkumpul dan dapat anda gunakan untuk membeli sesuatu seperti nyawa di toko Duolingo, dengan membeli nyawa anda tidak akan perlu mengulang dari awal untuk menyelesaikan tes ketika anda melakukan kesalahan. Anda bisa melanjutkan sesuai dengan sisa nyawa yang masih anda miliki.

Anda juga dapat saling memamerkan hasil skor yang anda dapat kepada teman-teman anda di sosial media. Untuk dapat melakukan perbandingan antar teman seperti ini anda harus membuat akun, akun bisa dibuat dengan email atau dengan satu klik saja apabila anda memiliki akun google+ atau facebook. Setelah anda mendapatkan skor yang menurut anda cukup tinggi dan cukup bergengsi maka anda tinggal share saja dengan teman-teman anda.

Duolingo diciptakan dengan tujuan agar belajar bahasa asing bukan lagi hal yang membosankan, dengan metode pembelajaran yang disertakan dengan gambar dan suara, maka kita akan lebih mudah untuk menghafalkan arti kata bahasa asing.

Kita harus bijak dalam menghadapi dunia modern seperti sekarang ini, apapun bisa kita dapat dengan mudah dan cepat dengan internet. Dengan serba mudah seperti itu kita seharusnya bisa lebih cerdas dari generasi sebelumnya karena kita sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan ilmu dan informasi. Gunakan fasilitas internet dengan hal-hal yang positif yang dapat mendukung sekolah maupun pekerjaan anda.

Download Aplikasi Duolingo