29 Agustus 2014

Cara Mengatasi Ponsel Tercelup ke Dalam Air

Handphone atau biasa disingkat hp adalah alat komunikasi yang sangat fleksibel karena dapat dibawa kemanapun. Karena ke-fleksibel-an itu tak jarang orang lupa bahwa mereka masih meletakkan hp kedalam saku, yang kebetulan di dalam saku pakaian yang siap untuk dicuci.

Kejadian lain yang mengakibatkan hp tercelup ke dalam air biasanya mereka membawa hp dalam kondisi kurang konsentrasi yang mengakibatkan hp lepas dari genggaman hingga masuk kedalam tempat berisi air.

Kondisi ini memang membahayakan bagi hp yang tidak memiliki fitur tahan air, air yang masuk ke dalam komponen hp dapat merusak sistem kelistrikan atau lebih dikenal konslet. Yang dapat kita lakukan adalah segera menyelamatkannya. Jangan asal memakai cara untuk menyelamatkan hp, ada tahapannya, anda dapat lakukan tips berikut.

Solusi jika ponsel terendan air

1. Jangan panik
Kepanikan biasa terjadi ketika anda mengalami tragedi hp tercelup air. Tenangkan diri anda agar tetap konsentrasi untuk mencari cara menyelamatkan hp dari kondisi yang tidak diinginkan akibat tragedi tersebut. Segera ambil hp dari air dan keringkan dengan lap bersih yang lembut sesegera mungkin.

2. Matikan hp
Apabila kondisi hp masih dalam keadaan menyala, segera matikan hp anda dengan menekan tombol off pada hp lalu segera buka casing dan lepas baterai. Tetapi jika hp macet atau tidak bisa memproses mati dengan menekan tombol. Langsung lepas casing dan lepas baterai. Lepas komponen pendukung lain seperti kartu SIM dan memory external. Sebaiknya jangan langsung menghidupkan hp untuk mengantisipasi masih adanya sisa air yang masuk kedalam perangkat keras hp.

3. Lakukan pengeringan dengan kipas angin
Menggunakan kipas angin lebih aman ketimbang menggunakan hairdryer, memang secara logika hairdryer dapat mengeringkan lebih cepat. Tetapi sifat angin yang dikeluarkan oleh hairdryer adalah angin panas, angin panas dapat membahayakan perangkat keras hp yang membuatnya dalam keadaan semakin parah.

4. Gunakan beras
Siapkan beras dalam toples atau mangkuk secukupnya, kira-kira dapat dimasuki sesuai ukuran hp anda. Rendamkan hp anda kedalamnya. Kenapa beras? Karena beras memiliki sifat menyerap air dan membuat benda disekitarnya akan kering, ini sangat efektif untuk mengatasi hp yang kemasukan air.

5. Hidupkan hp
Setelah dirasa kering, pasang komponen baterai dan kartu SIM, hidupkan hp. Apabila hp anda dapat hidup kembali anda dapat bersyukur. Tetapi bila tidak jangan kemudian anda marah dengan membanting hp. Tips ini hanya pertolongan pertama, apabila hp tetap tidak hidup, segera meminta bantuan ke tempat servis terpercaya. 

Kondisi hp yang mengalami tercelup air yang tidak terlalu dalam seperti didalam gelas, mangkok berisi air atau dijalan yang becek, tips ini cukup menyelamatkan. Tetapi apabila hp tercelup dalam kondisi lama atau kedalam kolam yang cukup dalam, atau bahkan kedalam air laut yang sifatnya mengandung garam yang dapat mengakibatkan resiko fatal pada perangkat hp, tips ini tidak menjamin keselamatan hp. Namun lebih baik anda coba dulu mengatasinya dengan tips diatas sebelum anda melarikan hp ketempat servis. Semoga artikel helloridwan kali ini bermanfaat.