30 Agustus 2014

Tips Memilih Kamera DSLR untuk Pemula

Profesi sebagai fotografer memang dapat menghasilkan uang yang cukup banyak, tidak sedikit dari mereka yang ingin berprofesi sebagai fotografer karena peluang dan prospek kerja yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat maupun perusahaan.

Selain profesi yang menjamin, menjadi fotografer sudah menjadi trend, sehingga ketika ada orang sedang melakukan pengambilan foto dengan kamera DSLR dijaman sekarang ini dianggap “wah”, apalagi didukung dengan skill yang baik dalam mengambil maupun mengolah foto. 

Tetap saja jika ingin menjadi fotografer terkenal dan berpenghasilan banyak membutuhkan ketrampilan yang mumpuni, jaman sekarang ini banyak yang memiliki kamera DSLR yang berkualitas namun tidak didukung dengan skill yang cukup, sehingga kebanyakan dari mereka hanya menggunakan kamera dalam mode auto
Jika anda berbeda dari mereka yang ingin memiliki kamera DSLR hanya sebagai gaya dan trend belaka, dan anda ingin sekali melakukan fotografi sebagai hobi yang berkualitas dan dapat menghasilkan uang dari hobi anda itu, maka anda perlu mempelajari hal-hal dasar tentang fotografi.

Tips Memilih Kamera DSLR untuk Pemula

Sebagai pemula lebih baik memakai kamera yang cocok untuk pemula juga, dengan begitu anda dapat belajar secara bertahap, ketika anda sudah sampai ditahap yang lebih baik maka anda bisa membeli kamera dengan kualitas yang lebih pula.

Kendala utama adalah banyaknya merk kamera, meskipun sama-sama berkualitas tetapi anda harus bisa memilih sesuai dengan kenyamanan anda, atau kendala lainnya adalah harga. Maka tips dibawah ini dapat anda baca untuk memperoleh kamera yang paling cocok untuk anda sebagai pemula.

1. Sesuaikan budget
Belilah kamera sesuai dengan budget yang anda siapkan. Meskipun anda termasuk orang yang berduit, jika anda masih pemula dalam hal fotografi, sebaiknya beli kamera yang dari segi harga dan spesifikasi menengah. Karena fitur yang tersedia di kamera yang high end belum tentu anda perlukan atau belum cukup juga ilmu yang anda miliki untuk menggunakan fitur kelas profesional. Sembari belajar dan memperbanyak pengalaman fotografi, anda semakin mahir mengambil dan mengolah foto saat itulah anda bisa membeli kamera yang secanggih yang anda inginkan.

2. Pahami ilmu dasar fotografi
Pelajari hal-hal mendasar tentang kamera DSLR, cara penggunaan serta sikap dalam mengambil foto yang baik, jangan sungkan bertanya pada yang sudah mahir. Ketahui juga kekurangan dan kelebihan kamera DSLR. Kelebihan kamera DSLR dibandingkan dengan kamera digital maupun kamera ponsel, antara lain:

- Auto focus lebih cepat
- Kualitas gambar lebih baik dalam kondisi terang maupun gelap
- Resolusi lebih tinggi
- Mampu mengambil gambar secara berturut-turut, paling tidak 3 frame per detik
- Lebih leluasa dalam menentukan lensa karena lensa yang dapat dilepas untuk diganti sesuai kebutuhan

3. Jangan terpaku pada merk tertentu
Mempertimbangkan dalam memilih kamera DSLR sebaiknya anda kenali berbagai merk kamera DSLR yang berkualitas. Jangan karena terpengaruh oleh trend teman-teman yang belum tentu dia paham soal kamera, atau karena banyak yang pakai. Sekarang ini merk kamera DSLR yang menyediakan fitur hampir sama dan berkualitas yaitu, Canon, Nikon, Sony dan Pentax. Sesuaikan dengan kecocokan hati anda, karena kamera yang benar-benar sesuai keinginan akan mempengaruhi kenyamanan anda ketika anda menggunakannya.

4. Dimensi kamera
Dimensi atau ukuran kamera yang pas dan nyaman ketika anda memakainya akan mempengaruhi hasil foto, tengok lagi ke poin sebelumnya, jangan hanya karena merk sehingga anda memaksakan diri untuk membeli padahal anda merasa tidak nyaman ketika kamera ada digenggaman anda.

5. Letak service center
Ini juga penting, anda sebagai fotografi pemula akan sangat berpotensi melakukan kesalahan yang dapat merusak kamera. Pilih merk kamera yang letak service centernya mudah dijangkau sehingga jika ada kerusakan anda dapat segera mengantarkannya ke service center terdekat.

6. ISO
Secara definisi ISO adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO kita maka semakin sensitif sensor terhada cahaya. Ini sangat penting untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik di malam hari atau dalam kondisi gelap. Pilih kamera yang memiliki spesifikasi ISO terbaik, jika perlu anda bisa bandingkan kamera dengan spesifikasi ISO sama tetapi dengan merk yang berbeda, dan anda bisa memilih merk mana yang memiliki kualitas ISO yang baik.

7. Resolusi
Resolusi kamera juga mempengaruhi kualitas gambar, semakin besar resolusinya maka akan semakin detil gambar yang diambil. Begitu juga dengan ukuran, semakin besar resolusi semakin besar juga ukurannya. Bisa kita ambil contoh, kamera dengan format RAW 16 megapixels akan memiliki ukuran sekitar 25 megabytes. Sehingga apabila anda ingin mengolah menggunakan komputer maka komputer anda harus memiliki ukuran RAM dan prosesor yang cukup tinggi.

Pertimbangkan baik-baik ketika anda akan membeli kamera DSLR, apabila anda benar-benar pemula dan sama sekali tidak tahu seluk beluk tentang kamera bahkan anda tidak tahu toko mana yang menyediakan kamera dengan harga dan kualitas yang baik. Sebaiknya anda minta didampingin oleh teman atau saudara yang lebih berpengalaman dalam hal fotografi untuk menghindari penipuan.