8 Maret 2014

Cara Mudah Budidaya Ikan Nila Dirumahan

Budidaya ikan merah memang sangat menguntungkan untuk bisnis sampingan atau hanya sekadar hobi memelihara ikan yang bisa menghasilkan uang. Ternyata budi daya ikan itu tidak sulit apalagi membudidayakan ikan nila merah di rumah kita.

Saya sendiri baru mencoba membudidayakan ikan nila merah di rumah saya , walapun baru ada satu kolam di rumah saya. Kolam saya berukuran kurang lebih 3x2 meter dengan ketinggian 1,5 meter.

Di kolam saya tersebut saya isi dengan bibit nila merah sebanyak 500 ekor yang saya beli di peyetok bibit nila merah di kota saya yaitu yogyakarta. Untuk harga bibit nila merah tersebut satu bibit harganya rp.100 rupiah dengan ukuran besar se kartu SIM card ponsel. 1 bibit = rp.100 rupiah x 500 ekor = Rp. 50000,- ribu.
Ikan Nila Merah

Ikan nila merah itu sendiri di dapat dari persilangan antara ikan nila putih betina dan ikan nila hitam jantan. Setelah di karantina di dalam satu bak kolam dan di kawinkan akan menghasilkan ikan nila merah tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips atau tutorial cara berternak atau budidaya ikan nila merah di rumahan , tentunya tips di sini hanya untuk pemula yang mau atau baru memulai bisnis ikan nila merah.

Pertama-tama yang harus anda siapkan yaitu , membuat kolam minimal berukuran 3x2 meter di halaman rumah anda , setelah jadi rendamlah kolam tersebut dengan air biar bau semen kolam baru hilang , Diamkan sampai berlumut kurang lebih 1 bulan.

Jika kolam baru langsung anda isi dengan bibit nila merah sebelum di sterilkan , maka bibit ikan nila merah tersebut akan mati . Bagi anda yang masih bungung untuk desain kolam rumah , silahkan lihat (disini).


Setelah kolam yang anda siap dan sudah di netralkan selama sebulan , kini tinggal anda mencari bibit ikan nila di penjual bibit di kota anda , disini anda harus pintar-pintar dalam berunding dengan si penjual tentang masalah harga bibit nila merah.


Tentunya jika anda pintar untuk menawar bibit , anda akan mendapatkan bibit ikan nila merah dengan harga murah , atau paling tidak anda akan mendapatkan bonus jumlah ikan nila merah di setiap anda membeli bibit ikan nila merah tersebut.


Setelah anda membeli bibit nila merah tersebut tentunya akan di bawai kantong plastik putih yang berisi bibit ikan nila merah yang anda beli . di tahap ini anda tidak boleh langsung menyeburkan bibit ikan nila tersebut langsung kedalam kolam baru yang anda buat.

Namun silahkan rendam dulu selama 15 menit bibit ikan nila tersebut ke dalam ember yang berisi air untuk berdaptasi , usahakan air dalam ember tersebut adalah air dalam kolam yang anda buat dalam kolam.


Setelah 15 menit untuk peradapsian bibit ikan nila tersebut , silahkan masukan bibit nila merah tersebut ke dalam kolam ikan yang anda buat , silahkan masukan perlahan-lahan dengan lembut dan penuh persaan.

Untuk tahap ini anda sudah selesai , dan kini anda tinggal menunggu perkembangan bibit nila merah di kolam anda . Tambahkan tanaman air di kolam anda , supaya ikan anda betah dan senang tinggal di kolam barunya , akan lebih bagus lagi jika anda menambahkan sirkulasi kerucukan air di kolam anda.


Pakan Untuk Bibit Nila Merah Sampai Siap Panen

Untuk masalah pakan bibit nila merah , silahkan anda berikan dengan pelet yang berkualitas . tentunya pelet yang berkualitas harganya agak mahal , namun dengan kualitas pelet yang bagus tentunya bibit ikan nila tersebut akan cepat besar pula.

Dengan pakan yang berkualitas , Bibit ikan nila merah tersebut akan siap panen pada umur 6-8 bulan setelah anda masukan dalam kolam anda. Siapkan juga pangan untuk bibit ikan nila merah secara alami , sperti cairan pengembang plankton di kolam anda.


Jika ikan nila merah sudah siap panen , tentunya anda bisa jual ke tetangga anda , atau pasar di dekat rumah anda , untuk daerah jogja harga per kilo ikan nila merah yaitu Rp.17.000,- .tentunya hal ini akan menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan bukan ?.

Berikut rincinya ke untungan :

Modal Awal : 500 bibit ikan nila = rp. 50.000,-
Pakan pelet ikan 2 sack sampai siap panen = rp. 200.000,-

Rata-rata isi per kilo = 3 ikan nila merah

Rincian hitungan : 500 ekor : 3 = 167 kilo

Rp. 17.000 x 167  = Rp. 2.839.000,-

Tentunya ini bisnis sampingan yang sangat menjajikan bukan ? bagi anda yang ingin mendapatkan untung banyak , tentunya anda tidak hanya membuat 1 kolam , paling tidak minimal 5 kolam , dan setiap kolam berisi 500 ekor nila merah.