28 Maret 2014

Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri

Cara membuat aplikasi android itu ternyata mudah bagi orang yang sudah paham dengan IDE, IDE adalah singkatan dari Integrated Developmnet Environtmen yang digunakan untuk membuat atau hanya untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Namun bagi yang baru belajar membuat aplikasi android tentunya agak membingungkan tentunya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial cara mudah membuat aplikasi android sendiri. Jadi anda dapat membuat aplikasi android sendiri di komputer anda. Sebelumnya anda harus mempersiapkan internet yang kenceng dan memiliki kuota banyak jika anda memakai modem, karena di sini nanti akan ada berbagai aplikasi dengan kapasitas besar untuk anda download untuk membuat aplikasi android.

Untuk membuat aplikasi android sendiri , kita bisa membuat aplikasi android dengan dua metode aplikasi untuk membuat aplikasi android sendiri, Yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama Netbeans, Dan yang kedua menggunakan aplikasi yang bernama Eclipse.
Cara Membuat Aplikasi Android
Aplikasi Android

Sebelum lanjut ketahap mendownload aplikasi , alangkah baiknya saya menjelaskan dengan singkat kegunaan dari masing-masing dari ke dua aplikasi tersebut. Simak berikut ini mengenai penjelasan aplikasi tersebut.

1. Netbeans

Netbeans merupakan tools IDE (Integrated Developmnet Environtmen) yang biasa digunakan oleh para programmer untuk menulis dan membuat sebuah program atau aplikasi dengan menggunakan bahasa program utama yang digunakan yaitu Java. 

Netbeans merupakan tools pemprograman dengan lisense kode terbuka (open soure) sehingga sangat memungkinkan untuk didapatkan secara gratis oleh siapa saja yang ingin membuat sebuah aplikasi (Android).

Download Netbeans 6.0 Disini

2. Eclipse

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Developmnet Environtmen) yang digunakan untuk membuat atau hanya untuk mengembangkan sebuah aplikasi, eclipse ini biasanya banyak digunakan oleh para developer pengembang aplikasi mobile seperti android karena tools ini mendukung banyak kemudahan dalam pengerjaan sebuah projek. 

Sama seperti halnya netbeans, Eclipse juga merupakan tools dengan lisensi kode terbuka (open source) sehingga sangat memungkinkan untuk dimiliki secara gratis. Selain itu eclipse ini juga memiliki beberapa keunggulan lainya yaitu kemampuanya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in sehingga tools ini sangat cocok untuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk android.

Download Eclipse Juno Disini

Untuk menjalankan kedua tools di atas kita masih membutuhkan beberapa plug-in pendukung lainya :
  • Java SE Development Kit (JDK) - Download Disini
  • Android SDK - Silahkan Download Disini
  • Android Development Tool (ADT) - Silahkan Baca Disini
  • Android Virtual Device (AVD) - Silahkan Baca Disini

Nah itulah tadi sedikit pencerahan bab 1, mengenai cara membuat aplikasi android sendiri. Dan sekian dulu dari saya mengenai tutorial cara membuat aplikasi sendiri bab1. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.