6 Oktober 2014

Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdisk

Cara Install Windows 10 - Baru-baru ini windows telah meluncurkan versi terbarunya, yakni Windows 10. Pastinya akan banyak perubahan dan peningkatan fitur maupun perbaikan performa dibandingkan dengan Windows sebelumnya.

Pertanyaannya mengapa setelah Windows 8 bukan Windows 9? Memang rumor yang ramai dibicarakan Microsoft akan segera meluncurkan Windows terbarunya, yang diprediksi akan membawa nama Windows 9.

Namun kenyataannya dari pihak Microsoft merasa tidak cocok memakai nama Windows 9 karena dirasa tidak cocok, alasannya karena Windows terbaru merupakan sistem operasi paling komprehensif dibandingkan dengan Windows sebelumnya.

Menurut pengumuman dari Microsoft, versi final Windows 10 akan segera dirilis dalam waktu dekat, dijadwalkan pada pertengahan 2015. Tetapi anda tidak perlu khawatir, sejak tanggal 1 Oktober 2014 lalu sudah ada versi preview-nya.

Untuk dapat mencicipinya, anda harus mendaftar di Windows Insider Program

Kemudian login dengan akun Microsoft yang sesuai, caranya tinggal klik ‘Get Started’ dan ‘Join Now’ sampai menuju ke laman download, kemudian tinggal anda scroll kebawah, pilih bahasa dan juga versi yang anda inginkan, 32bit atau 64bit.

Selanjutnya anda harus menyetujui beberapa persyaratan, setelah itu download akan segera diproses.
Setelah anda berhasil mendownload, anda dapat menginstalnya langsung di PC/Laptop anda dengan Flashdisk.

Perlu diingat bahwa, setelah anda menginstall Windows 10, anda tidak dapat mengembalikan Windows versi sebelumnya, kecuali apabila anda mempunyai ‘recovery media’.

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum menginstall Windows 10 adalah:

1. Pastikan PC/Laptop anda memiliki spesifikasi minimal untuk prosesor dengan kecepatan 1GHz
2. RAM 1GB untuk versi 32bit dan 2GB untuk versi 64bit.
3. Harddisk paling tidak memiliki ruang kosong 16 GB.

Selanjutnya untuk penginstalan, anda perlu menyiapkan flashdisk dengan kapasitas 4GB untuk versi 32bit dan 8GB untuk versi 64 bit, karena memory sebesar itu untuk menyimpan file hasil download Windows 10.

Setelah itu anda juga harus mendownload software Rufus (klik disini) yang berguna untuk menformat flashdisk serta membuat flashdisk bisa melakukan booting, termasuk USB keys/pendriver, memory sticks, dll.

Cara membuka file ISO Windows 10 dengan Rufus:

1. File download berupa ISO, dan untuk membukanya perlu menggunakan utilitas Rufus.

2. Setelah berhasil membukanya, silahkan anda tancapkan flashdisk ke port USB PC/Laptop (pastikan tidak ada data penting di dalamnya).

3. Selanjutnya Rufus akan otomatis mendeteksi drive.

4. Jika tidak dapat mendeteksi secara otomatis, anda dapat melakukannya secara manual
Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdisk

5. Lihat kotak yang dicentang pada ‘Create a bootable disk using’ disampingnya ada icon ‘driver’ kemudian klik, setelah itu anda arahkan saja dimana anda menyimpan file ISO Windows 10. Pilih dan klik ‘Start’.

6. Langkah selanjutnya anda perlu menunggu sekitar 20-30 menit, apabila ada jendela baru muncul, anda biarkan saja sampai ada tampilan ‘Done’ dari Rufus.

7. Tutup program dan lepaskan flashdisk.

Lanjut pada cara instal Windows 10 pada PC/Laptop:

1. Tancapkan flashdisk ke port USB PC/Laptop yang akan anda instal Windows 10.

2. Nyalakan sistemnya, kemungkinan besar langkah ini tidak memerlukan konfiguransi untuk boot dari drive eksternal secara default.

3. Karenanya anda mungkin harus beralih ke menu startup/BIOS selama POST. POST adalah proses awal yang dilakukan komputer apabila komputer dihidupkan.

4. Langkah terakhir adalah anda harus melakukan booting dari flashdisk, kemudian reboot dan ikuti petunjuk pada proses instalasi Windows 10. Dan Walla! PC atau Laptop anda sudah langsung bisa menjalankan Windows 10.

Nah itulah tadi Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdisk, semoga tutorial Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdisk ini bisa bermanfaat untuk anda semua, sekian dulu yuah !!