26 September 2014

Tips Dan Trik Mudah Mengambil Foto di Area Gelap

Perkembangan kamera smartphone semakin hari kian menyamai kamera digital. Ukuran piksel yang semakin naik membuat para pecinta gadget selalu tertarik untuk memiliki smartphone dengan ukuran piksel yang cukup tinggi.

Meskipun kualitas gambar tidak hanya ditentukan dari ukuran piksel. Namun besarnya ukuran piksel pada smartphone sudah menjadi sebuah gengsi tersendiri bagi para pemilik smartphone.

Di artikel kali ini bukan membahas tentang perbedaan kamera smartphone dengan kamera digital apalagi kamera DSLR. Namun jika anda mau tahu cara memilih kamera bisa anda pelajari di Tips Memilih Kamera DSLR untuk Pemula.

Keunggulan smartphone dengan kamera beresolusi tinggi adalah kefleksibelannya, ketika kita sedang berpergian dan ingin mengabadikan momen itu, maka smartphone-lah pilihan paling simpel.

Tips Dan Trik Mudah Mengambil Foto di Area Gelap

Jika di siang hari anda tidak akan menemui masalah dengan hasil cepretan kamera smartphone anda. Namun ketika di malam hari masalah mulai tiba.

Di sinilah kamera smartphone mulai terlihat kelemahannya, meski telah di bekali dengan lampu flash, tetap saja hasil tidak sesuai dengan harapan.

Sebenarnya hal tersebut dapat diatasi, namun anda harus menyiapkan dua kamera smartphone. Bingung seperti apa tipsnya? Langsung saja pelajari dibawah ini.

1. Siapkan dua smartphone
Siapkan dua smartphone yang memiliki lampu flash. Keduanya bukan untuk memotret, namun kita ambil satu yang memiliki resolusi tertinggi, atau jika sama ambil saja salah satu. Disini obyek foto harus sudah siap.

2. Gunakan lampu flash
Nyalakan kamera pada smartphone yang telah dipilih, kemudian smartphone yang satunya untuk membantu pencahayaan dengan menggunakan fitur lampu flash. Lampu flash harus pada kondisi terus menyala. Caranya nyalakan lampu flash pada mode video, dengan begitu lampu flash akan terus menyala.

Sedangkan smartphone yang dipilih untuk memotret, jangan aktifkan lampu flash, biarkan cahaya hanya dari lampu flash dari kamera smartphone yang satunya.

3. Cara mengambil foto
Smartphone yang untuk membantu pencahayaan dengan lampu flash di letakkan sedikit lebih ke atas dari obyek agar cahaya yang terpancar lebih merata pada obyek. Setalah itu baru smartphone yang dipilih untuk memotret digunakan.

Perlu diingat! Teknik ini mirip seperti apa yang dilakukan oleh fotografer profesional. Kelemahan dari teknik ini adalah anda harus meminta bantuan orang lain untuk memotret dan membantu pencahayaan. Memang sedikit ribet, namun hasil akan lebih dramatis. Jadi tidak terlalu terlihat kalau foto diambil dari kamera smartphone.

Jika anda masih belum puas dengan kemampuan kamera smartphone anda saat ini, dan anda memiliki keinginan untuk mengganti smartphone dengan kamera yang beresolusi tinggi. Coba anda lihat beberapa smartphone dengan resolusi kamera tinggi di artikel Ini Dia Smartphone dengan Kamera Resolusi Tinggi.