26 September 2014

Solusi “Unfortunately app has stopped” di Android

Memakai berbagai aplikasi adalah sebuah kesenangan yang bisa didapatkan dari sebuah smartphone karena itu adalah salah satu kelebihan smartphone yang sekarang sedang digandrungi oleh masyarakat dunia.

Aplikasi-aplikasi terbaik telah diciptakan demi memberikan sebuah pengalaman menarik bagi para pengguna smartphone, tak jarang aplikasi tertentu dijadikan sebagai kebutuhan sehari-hari lantaran aplikasi tersebut sangat membantu kegiatan sehari-hari seperti Aplikasi Android Wajib diInstall oleh Pegawai Kantor.

Namun jika ada aplikasi yang tidak dapat dijalankan, apalagi aplikasi yang sangat anda butuhkan maka hal ini adalah sebuah kekesalan yang membuat sebagian besar orang bingung kenapa hal ini bisa terjadi.

Solusi “Unfortunately app has stopped” di Android

Mulai sekarang anda tidak perlu lagi merasa bingung dan khawatir jika aplikasi kesayangan anda tidak dapat berjalan dan muncul pesan “Sayangnya aplikasi telah berhenti”. Karena helloridwan akan memberikan informasi penyebab hal itu terjadi dan juga cara mengatasinya.

1. Aplikasi tidak kompatibel
Seperti yang kita tahu, android cukup cepat dalam memperbarui sistem operasinya, tidak sampai jangka waktu satu tahun sistem android baru muncul untuk memberikan pelayanan lebih kepada penggunanya. Hal ini pun juga di ikuti oleh beberapa aplikasi agar dapat menyelaraskan diri dengan sistem operasi terbaru.

Jika kasus aplikasi tidak dapat berjalan, bisa saja hal ini disebabkan karena sistem operasi anda tidak cocok dengan aplikasi yang anda install, karena aplikasi tersebut hanya bisa digunakan dengan sistem operasi yang lebih baru. Solusinya anda harus meng-upgrade sistem operasi anda, atau anda bisa membeli smartphone yang sudah memiliki sistem operasi terbaru seperti Samsung Galaxy V.

2. CPU dan RAM tidak mencukupi
Biasanya aplikasi yang berukuran besar, harus didukung pula dengan CPU dan RAM yang mumpuni. Karena untuk memproses data, CPU berpengaruh terhadap kecepatan, dan RAM berpengaruh terhadap kelancaran. Jika salah satu atau keduanya tidak kuat untuk memproses sebuah aplikasi. Maka hal ini dapat menyebabkan aplikasi tidak dapat berjalan.

3. RAM penuh
Jika CPU anda cukup mumpuni, memory RAM juga cukup besar dan sistem operasi anda adalah yang terbaru namun mengapa aplikasi tetap saja tidak mau berjalan. Coba anda cek berapa aplikasi yang aktif atau sedang berjalan di background. Jika cukup banyak aplikasi yang berjalan, maka memory RAM akan penuh dan tidak dapat memproses aplikasi baru.

Solusinya anda harus mematikan aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting, kalau perlu anda uninstall saja aplikasi lama yang tidak anda gunakan. Dengan begitu, memory RAM akan kembali lega dan siap memproses aplikasi terbaru.

Setelah anda melakukan cara diatas, seharusnya aplikasi dapat berjalan. Namun apabila aplikasi masih saja tidak berjalan, coba install aplikasi lain yang masih sejenis dengan aplikasi yang anda inginkan itu.

Jika masalah smartphone anda adalah baterai yang boros, bisa saja penyebabnya adalah aplikasi-aplikasi tertentu. Coba anda cek di Daftar Aplikasi yang Menguras Baterai Smartphone siapa tahu ada di smartphone anda sehingga menyebabkan daya baterai smartphone anda cepat habis.