6 September 2014

6 Cara Basmi Semut Yang Membandel Secara Alami

Semut adalah serangga dari anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. 

Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Tak hanya di hutan, sawah, atau kebun saja semut membuat sarang, namun di dalam rumah kita mereka juga berkembang biak dan membuat sarang. Di dalam rumah, semut mencari makan di tempat sampah pembuangan limbah dari sisa-sisa makanan kita, namun sering kali semut suka mencuri makanan kita yang berada dapur atau di tempat penyimpanan makanan.

Hal ini tentunya sangat menjengkelkan, Apalagi semut yang sudah kita usir namun tetap saja kembali dan mencuri makanan kita. Tak mungkin kan? kita makan bercampur atau berlumuran semut, tentunya itu sangat menjijikan.

Cara Basmi Semut Yang Membandel Secara Alami

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini helloridwan ingin berbagi sebuah cara membasmi semut secara alami. Tips kali ini begitu manjur dan anda tentunya bisa memakai cara ini untuk mengusir maupun membasmi semut.

1. Mentimun

Salah satu fakta aneh tentang semut adalah ternyata mereka tidak menyukai rasa mentimun! Oleh karena itu, menempatkan potongan mentimun di daerah yang banyak dilalui semut merupakan cara efektif untuk mengusir mereka.

2. Jus Lemon

Cara lain yang sangat mudah untuk menyingkirkan semut adalah dengan mencampur jus lemon dengan sedikit air dan disemprotkan di daerah yang banyak semut.

3. Bubur jagung

Bubur jagung mengembang saat dikonsumsi. Setelah semut memakan bubur jagung, makanan ini akan mengembang dalam perut semut dan membuatnya mati. Sebarkan bubur jagung di tempat dimana semut sering berkumpul.

4. Garam/Lada

Menyebarkan garam di sudut ruangan dan pada sarang semut adalah cara lain yang efektif untuk mengusir semut. Cara lain, larutkan garam dengan air panas kemudian semprotkan ke daerah yang banyak semut. Selain garam, lada juga bekerja efektif mengusir semut. Gunakan cara yang sama seperti ketika Anda menggunakan garam.

5. Bubuk Kopi

Taburkan bubuk kopi di sekitar retakan untuk mencegah semut masuk ke dalamnya. Bubuk kopi juga bisa ditebarkan di tempat yang banyak semut.

6. Bubuk Cabe/Kayu Manis

Tebarkan bubuk cabe pada sarang semut untuk mengusir mereka. Cara lain, gunakan kayu manis untuk mengusir semut.

Dengan tips dan cara membasmi semut secara alami di atas, rumah anda akan segera terbebas dari semut-semut yang suka mencuri makanan anda. Demikian sajian tips mengusir dan membasmi semut, semoga bermanfaat!