11 September 2014

7 Trik Mempersingkat Waktu “Googling” Anda

Sistem informasi yang semakin maju membuat masyarakat di era modern seperti sekarang ini sangat mudah dan cepat dalam mencari informasi.

Salah satu mesin pencari yang ada di dunia dan yang terbesar serta paling populer adalah Google. Karena kepopulerannya itu, menjadikan Google sebagai jalan pintas untuk menemukan informasi yang kita cari.

Informasi yang kita cari hanya beberapa, namun yang dimunculkan oleh Google berjumlah ribuan, meskipun kita sudah menulis di tab search Google tetap saja ada cabang-cabang informasi yang berhubungan dengan informasi yang kita cari, walalupun sebenarnya kita tidak terlalu membutuhkan cabang-cabang informasi tersebut.

7 Trik Mempersingkat Waktu “Googling” AndaKarena sifat kita dalam menggunakan mesin pencari Google hanyalah sebagai jalan pintas, dan yang kita butuhkan adalah “to the point”, maka harus dengan trik-trik berikut supaya aktivitas Googling anda tidak memakan waktu yang lama.

1. Gunakan tanda kutip (“)
Jika anda menginginkan sebuah pencarian yang lebih spesifik, atau seperti yang telah saya bilang tadi “to the point”, gunakan tanda kutip di pembuka dan penutup kata kunci atau keyword. Misalnya, “Aplikasi Android Wajib diInstal di Samsung Galaxy Mini”, maka yang akan keluar akan sesuai dengan urutan kata yang anda ketik. Namun jika tanpa menggunakan tanda petik, maka hasil pencarian akan keluar berjumlah ribuan, entah berhubungan atau tidak, yang penting ada kata “aplikasi” atau “android” atau “wajib” dan seterusnya.

2. Gunakan tanda hubung atau hyphen (-)
Fungsinya adalah antuk mengkhususkan hasil pencarian sesuai kategori. Misalnya kita akan mencari merk motor smash, maka yang akan keluar tidak hanya motor, namun bisa saja foto sabina altynbekova (pemain voly wanita asal kazakhtan) yang sedang melakukan smash bola. Oleh karena itu gunakan tanda (-) untuk mengkhususkan kata, misalnya, “suzuki smash-motor”.

3. Gunakan tanda titik dua atau colon (:)
Tanda ini bila anda terapkan pada kolom pencarian Google, akan berguna untuk mencari artikel atau informasi di situs website atau blog yang akan anda tuju. Misalnya anda akan mencari artikel tentang android di situs blog helloridwan. Maka penulisannya seperti ini, “android site:helloridwan”

4. Gunakan tanda (*)
Tanda (*) berfungsi untuk menampilkan kata yang anda lupa, misalnya anda akan mencari slogan “rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya” namun anda lupa, yang anda ingat hanyalah “rajin pangkal apa, hemat pangkal apa”, maka dari itu, akan lebih efektif dan to the point bila anda menulis di kolom pencarian Google seperti ini, “rajin pangkal * hemat pangkal *”. Tanpa tanda petik ya.
Ini juga dapat diterapkan ketika anda lupa judul lagu dan ingin mencarinya di Google.

5. Gunakan perintah related:situs
Fitur ini dapat anda gunakan ketika anda sedang mencari situs serupa dengan situs yang sering anda kunjungi. Misalnya, anda sering mengunjungi situs warta digital seperti detik.com, nah anda dapat mencari situs yang serupa dengan cara seperti ini, “related:detik.com”. Maka bisa jadi yang akan keluar seperti situs okezone.com, liputan6.com atau situs serupa lainnya.

6. Gunakan filetype:(format)
Kata perintah ini digunakan untuk membantu anda mencari file dengan format tertentu. Misalnya anda akan mencari file dengan format png. Maka yang harus anda ketik di kolom pencarian Google adalah logo ITB filetype:png dan yang akan keluar pasti logo ITB format png.

7. Gunakan fitur keyword value..value
Fitur ini berguna untuk mencari sesuatu dengan kisaran harga tertentu. Misalnya anda ingin mencari harga android dengan kisaran harga 1juta rupiah sampai 2juta rupiah. Yang harus anda ketikan seperti ini, “android Rp1.000.000..Rp2.000.000” tanpa tanda petik.

Dengan mengenali fitur dalam perintah pencarian Google dan menerapkannya ketika sedang melakukan pencarian, maka waktu yang anda butuhkan untuk segera mendapatkan informasi sesuai harapan akan lebih singkat.