25 Agustus 2014

Tips Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM)

Menghemat bahan bakar seperti bensin dan solar, selain menghemat keuangan anda juga dapat membantu mengurangi pemakaian bahan bakar khususnya bahan bakar fosil, yang kita semua tahu bahan bakar fosil tidak dapat didaur ulang ataupun diproduksi kembali dalam waktu singkat. Perlu waktu berjuta-juta tahun untuk dapat menghasilkan bahan bakar seperti yang kita pakai sekarang ini.

Oleh karenanya, apabila kita semua sadar dan mampu untuk melakukan penghematan bahan bakar, kita sudah termasuk menyumbang untuk menyelamatkan bumi kita tercinta ini dari pemanasan global yang dampaknya akan sangat berbahaya bagi manusia. Tidak hanya itu, menghemat bahan bakar kita juga menyisakan dan mewariskan minyak bumi untuk generasi kita selanjutnya.

Memang tidak dapat kita pungkiri, kesadaran masyarakat akan pemanasan global sangatlah kurang. Mungkin sebagian besar orang mencari cara untuk menghemat bahan bukar bukan karena peduli dengan kondisi iklim dewasa ini, melainkna karena setiap tahun pemerintah selalu menaikkan harga bbm.

Tips Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM)

Apapun alasan anda dalam menghemat bahan bakar, inilah tips menghemat bahan bakar yang akan saya bagikan untuk anda semua.

1. Merawat kendaraan
Kendaraan yang jarang dirawat atau diservis, akan membuat setting-an komponen-komponen mesin berubah dari kondisi standar pabrik, seperti sistem bahan bakar juga akan ikut serta. Mengendornya komponen-komponen pada sistem bahan bakar, filter atau saringan yang melampaui waktu penggantian akan membuat bahan bakar semakin boros.

2. Waktu pengisian bahan bakar
Biasakan mengisi ulang bahan bakar dipagi hari atau ketika sinar matahari belum terik. Panas sinar matahari ketika anda sedang melakukan isi ulang akan terjadi penguapan pada bahan bakar.

3. Tekanan udara ban
Selalu perhatikan tekanan udara ban, tekanan udara yang kurang akan mempengaruhi beban, karena pada kondisi ini, beban yang ditanggung oleh mesin akan bertambah, sehingga perlu tenaga lebih yang dikeluarkan oleh mesin, otomatis "meminum" bahan bakar lebih banyak.

4. Kuasai jalan
Kenali jalan yang akan anda lewati untuk menempuh tujuan anda. Dengan mengenali jalan akan mengantisipasi bertemu dengan kemacetan yang akan membuang bahan bakar percuma, dan juga anda tidak akan tersesat yang membuat perjalanan anda semakin jauh.

5. Efektifkan perjalanan
Jika satu tujuan, lebih baik menggunakan satu kendaraan, rata-rata mobil pribadi cukup untuk membawa 4 sampai 7 penumpang. Akan jauh lebih baik dari pada mengendarai kendaraan lebih dari satu.

6. Kurangi pemakaian fasilitas
Ketika cuaca tidak terlalu panas, sempatkan sesekali dalam perjalanan untuk tidak memakai AC. Fasilitas lain kendaraan baru seperti musik maupun televisi jangan terlalu lama dinyalakan.

7. Minimalkan pemakaian kendaraan
Apabila jarak tujuan tidak terlalu jauh, lebih baik berjalan kaki atau naik sepeda saja.

8. Waktu pemanasan mesin
Memanasi mesin cukup dengan waktu 2 sampai 3 menit saja. Biarkan pada kondisi putaran mesin idle, tidak perlu menekan atau memutar tuas gas.

9. Kalem dalam berkendara
Tidak perlu menekan atau memutar gas terlalu dalam, sesuaikan dengan posisi gigi, jangan terlalu mendengungkan mesin, mesin yang mendengung karena putaran mesin yang terlalu tinggi. Ini membuat bahan bakar semakin boros.

10. Matikan mesin
Ketika harus menunggu cukup lama, sebaiknya matikan mesin agar bahan bakar tidak terbuang percuma.

Biasakan menerapkan tips diatas, agar pemakaian bahan bakar motor maupun mobil anda lebih efektif dan hemat. Menggunakan bahan bakar secara bijak, akan menyelamatkan bumi dari pemanasan global yang sudah mencapai kondisi memprihatinkan.