28 Agustus 2014

Persiapan Sebelum Menempuh Kuliah Bagi Maba

Maba, mahasiswa baru. Setiap tahun status ini selalu muncul disetiap perguruan tinggi yang secara tidak langsung di “title” kan bagi peserta didik baru. Anak-anak calon mahasiswa ini berbondong-bondong dan berjuang untuk dapat lolos seleksi menjadi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Tidak tanggung-tanggung, perguruan tinggi seperti ITB, UGM, UI dan perguruan tinggi favorit lain setiap tahun menerima mahasiswa baru hingga berjumlah ribuan orang.

Selesai melewati Ujian Nasional tidak serta merta mereka merasa lega bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, masih harus belajar lagi, mempersiapkan kesehatan dan mental untuk berjuang mendapatkan satu kursi di perguruan tinggi yang mereka idamkan.

Kata anak jaman sekarang,” bahagia itu ketika cinta kita diterima gebetan”, eh salah itu anak alay jaman sekarang, kalau anak pandai jaman sekarang ya, “bahagia itu ketika kita diterima di perguruan tinggi favorit”. Setelah diterima ada lagi kata-kata dari mereka, “mantu idaman itu anak jurusan bla-bla-bla”. Yah maklumin saja, namanya orang baru seneng mendapatkan sesuatu.

Persiapan Sebelum Menempuh Kuliah Bagi Maba

Oke, balik lagi ke benang merah. Setelah diterima tidak langsung dapat menikmati kegiatan perkuliahan, beberapa persiapan perlu dipersiapkan bagi maba. Selain itu juga harus mempersiapkan untuk melakukan kegiatan keakraban bersama kakak-kakak senior, ehm ospek maksudnya. Tetapi artikel helloridwan kali ini bukan membahas menghadapi kakak senior yang galak, ya saran dari saya sabar aja menghadapi mereka.

Persiapannya apa aja sih, langsung saja turunkan pandangan keparagraf berikutnya. Prioritaskan hal-hal dibawah ini ya,

Kesehatan demi keamanan dan kenyamanan
Apabila kamu memiliki riwayat atau masih mengidap suatu penyakit khusus, lebih baik anda siapkan obat-obatan untuk berjaga ketika kambuh, sebaiknya cari kos atau kontrakan yang tidak terlalu jauh dengan rumah sakit, klinik ataupun tempat praktek dokter. Ini bagi kamu yang kuliah di luar kota.

Keuangan
Ini tidak boleh lupa, jika kamu diterima di perguruan tinggi luar kota, dan jauh dari orang tua memang membutuhkan bekal uang yang lebih untuk hidup di sana. Lebih baik lagi kalau kamu termasuk orang yang mandiri, mempunyai pekerjaan sambilan untuk mencukupi hidup dan keuangan kuliah, ditambah lagi dengan beasiswa, pertahankan nilaimu agar beasiswanya awet sampai kamu lulus.

Utamakan kuliahmu
Akan tiba masanya orang-orang ups... maksudnya akan kamu temui kegiatan-kegiatan yang kamu sukai atau mendukung hobi kamu ketika kuliah nanti, seperti ekskul waktu di SMA, mengikuti kegiatan positif dan menjadi aktifis di kampusmu merupakan hal baik. Namun jangan samapai kamu “menomerduakan” kuliahmu ya.

Atur waktu
Kesibukanmu dalam menjalani kuliah yang penuh dengan tugas-tugas, mengikuti kegiatan lain, atau bekerja sampingan membuat waktumu akan banyak tersita. Buatlah jadwal, prioritaskan kegiatan yang paling penting, sudah jelas kuliah yang nomer satu, selanjutnya kamu yang tahu. Dengan menjadwalkan kegiatan sehari-hari, kamu tidak akan keteteran dan mengalami frustasi. Oh iya, selalu hubungi orang, jangan membuat mereka khawatir, katakan pada mereka apa saja kegiatanmu dikampus, kesehatanmu dan semua mereka perlu tahu, agar orangtuamu tenang.

Cari teman sebanyak-banyaknya
Entah teman satu angkatan atau kakak senior, harus bisa kamu rangkul. Tapi tetap hati-hati, jangan sampai salah pergaulan. Kenapa harus lakukan ini? Saat kuliah kamu perlu banyak teman apalagi sama kakak senior, berbagi ilmu dan apapun yang mendukung kuliahmu. Karena kuliah berbeda seperti sekolah, kalau disekolah guru memberi ilmu dan mengajarkan sampai kamu bisa, tapi kalau kuliah dosen hanya memberi ilmu, selanjutnya kamu sendiri yang mengembangkan, kamu dituntut harus mandiri.

Ibadah
Jangan lupakan ibadah, kegiatan kuliah memang menguras banyak tenaga dan banyak menyita waktu, demi selamat dunia akhirat, jangan lupa ibadah dan berdoa agar kamu senantiasa mendapatkan perlindungan dan petunjuk dari-Nya.

Tetap lakukan kegiatan positif, jangan kamu terjerumus kedalam pergaulan yang tidak sehat, selalu ingat niatmu kuliah untuk  mencari ilmu. Selamat buat kamu yang telah diterima di perguruan tinggi yang kamu inginkan, semoga cepat lulus dan sukses!