2 April 2014

Tutorial Cara Upload Aplikasi Android ke Google Play

Sudah banyak programer yang terjun kedunia aplikasi android .apk seperti membuat game android atau aplikasi yang bermanfaat untuk pengguna ponsel android. Dengan layanan google play kita dapat mempromosikan aplikasi yang kita buat dan kita juga bisa menjual aplikasi android di google play.

Google Play adalah penyedia konten digital resmi untuk perangkat Android yang dikelola oleh Google. Oleh sebab itu jika Anda ingin mempublish atau upload aplikasi  ke Google Play Store, syarat utamanya adalah mempunyai akun Google.

Untuk membuat akun di google play memang agak rumit. Bagi anda yang belum mempunyai akun di google play, anda bisa membaca tutorial cara memabuat akun di google play pada postingan saya terdahulu disini.
Tutorial Cara Upload Aplikasi Android ke Google Play
Aplikasi Android

Untuk anda yang belum jelas mengenai cara upload aplikasi android ke google play, di bawah ini saya sajikan tutorial beserta gambar untuk memperjelas dalam tahap langkah-langkah upload aplikasi android .apk ke google play.

Langkah pertama untuk mengupload aplikasi android ke google play, silahkan login ke akun Google Play Developer Console , silahkan kunjungi disini.


Setelah itu silahkan anda menuju kehalaman Dasbor Google play Developer Console lalu anda pilih atau  click "Add new application"


Setelah itu silahkan anda pilih bahasa yang anda ingingkan " misal English ", setelah itu anda isi nama aplikasi android yang ingin anda upload. Jika sudah, selanjutnya anda tinggal pilih menu " Upload APK"


Lalu anda akan menumi tampilan seperti di bawah ini, jika anda baru mengupload aplikasi android pertama kali, silahkan pilih "Upload your first APK".


Tunggu sampai proses upload aplikasi android selesai, Setelah proses mengupload aplikasi android selesai, silahkan pilih menu " Store listing ".


Di tahap ini anda di minta untuk mengisi keterangan aplikasi android yang anda upload, jangan lupa upload icon logo untuk aplikasi android anda dan category aplikasi android anda . Isi data yang di perlukan.


Setelah itu , pilih menu " Pricing and Distribution ", Isi data yang di perlukan di halaman tersebut. Di tahap ini anda bisa menentukan aplikasi android anda bisa di download secara gratis atau berbayar.

Jika sudah, langsung klik "Save", Dan publish aplikasi android anda di menu "  Ready to publish " yang berada di bagian pojok kanan atas.

Aplikasi yang kita upload di google play tidak bisa secara lansung muncul di play store android. Google play akan mereview dulu aplikasi android anda bisa layak untuk di tampilkan atau tidak. Jika pihak google play mensetujui aplikasi android anda, maka dalam waktu hitungan jam aplikasi android anda akan tampil di list aplikasi google play untuk android.