2 April 2014

Tips Mudah Melamar Kerja Supaya Diterima

Di jaman sekarang ini amatlah sangat sulit untuk mencari sebuah pekerjaan. Banyak lowongan kerja di buka di mana-mana, namun setiap kali melamar pekerjaan selalu saja di tolak atau tidak pernah di terima oleh perusahaan.

Kurangnya pengalaman adalah salah satu contoh tidak lolos dalam melamar pekerjaan maupun tes wawancara. Untuk melamar pekerjaan perlu mempunyai skill dan trik yang hebat untuk lolos dan di terima dalam mencari pekerjaan.

Tips dan trik melamar kerja supaya diterima saya akan bahas di postingan kali ini. Jangan berkecil hati jika anda sulit mencari pekerjaan, di sini saya akan mencoba sedikit membantu anda dalam skill mencari pekerjaan.
Tips Mudah Melamar Kerja Supaya Diterima
Melamar Pekerjaan

Metode skill yang di perlukan untuk melamar sebuah pekerjaan, di bawah ini saya rangkum dari berbagai media informasi online dengan gaya dan tata bahasa yang berbeda supaya mudah di mengerti.


1. Skill awal yang harus anda siapkan untuk melamar pekerjaan yaitu, mencari segudang informasi sebuah lowongan kerja. Anda bisa mencari informasi lowongan kerja di media cetak seprti koran maupun media online.

2. Selanjutnya anda memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda. Ada pun yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja, antara lain seperti:
  • Mencari infirmasi mengenai posisi yang akan dipilih.
  • Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja
  • Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan.
  • Kesesuaian antara keadaaan diri dengan persyaratan jabatan.
3. Dalam membuat surat lamaran perlu diperhatikan, seperti:
  • Kertas berwarna netral
  • Jenis dan ukuran font standard
  • Ukuran kertas A4
  • Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas (cantumkan posisi yang dituju, tanggal & tanda tangan, alamat & tempat tinggal, no telp yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti).
4. Pengiriman dokumen lamaran. Ada 3 cara dalam pengiriman dokumen tersebut
  • Melalui pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas).
  • Melalui email (rutin membaca email dan pertimbangkan besar file).
  • Datang langsung ke perusahaan (walk in interview).
Tahap di atas adalah baru awal untuk melamar pekerjaan. Di bawah ini saya juga berbagi tips untuk anda dalam proses wawancara dalam melamar pekerjaan. Langsung saja simak berikut ini.

1. Penampilan

Berbicara soal penampilan sangatlah penting karena penampilan anda adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer. Pakailah pakaian rapih (formal & nyaman), menggunakan sepatu tertutup, datang dengan aroma tubuh yang segar, tidak bau mulut dan rapihkan kuku anda.

2. Body language

Saat memasuki ruangan berjalan dengan tubuh tegap, gaya yang anggun dan kedua tangan mengibas dengan bebas. Sodorkan tangan (sambil tersenyum) terlebih dahulu pada saat menawarkan. Sapalah interviewer dengan Bapak/Ibu dan jangan duduk sebelum di persilahkan.

3. Berdoa 

Walau semua teknik di atas anda lakoni dengan baik, Namun semua itu yang memutuskan soal nasip adalah Tuhan, jangan lupakan Tuhan dan anda harus tetap berdoa memohon supaya diterima dan mendapatkan sebuah pekerjaan.

Demikian tips mudah melamar pekerjaan supaya diterima yang bisa saya sampaikan untuk anda. Jangan mudah menyerah dalam mencari pekerjaan yang layak untuk anda. Sekian dulu semoga bermanfaat.