12 Oktober 2014

Cara Mudah Menghindari Ketagihan Social Media

Kecanggihan dan kemajuan sebuah teknologi memang kita butuhkan, Apalagi bidang teknologi komunikasi seperti jejaring sosial. Namun jika kita menggunakanya secara belebihan itu tidak baik, karena akan muncul sifat kecanduan.
 
Sifat yang menimbulkan sebuah kacanduan itu tidak baik, Karena akan memunculkan sebuah ketergantungan besar terhadap suatu hal seperti' menggunakan jejaring sosial facebook, twitter, Path, dan masih banyak lagi.

Rasa suka atau kesenangan yang di dapat dalam menggunakan jejaring sosial ini menimbulkan suatu candu, Rasanya jika kita tidak membuka jejaring sosial sehari saja hidup ini menjadi galau atau terasa mati.

Kecanduan Social Media lebih sering di alami oleh para anak-anak, karena anak lebih mudah terkompensasi apa yang mereka lihat terhadap suatu hal yang berada di dalam jejaring sosial seperti: gambar, video, maupun tulusan.

Cara Mudah Menghindari Ketagihan Social Media

Jika sudah ketagihan Social Media akan memyebabkan kekacauan dalam hidup anda atau anak. Anda tidak akan bisa focus dalam perkerjaan. Lalu si anak akan malas belajar dan membuat mereka bodoh di sekolah.

Lalu bagaimana cara menghindari ketagihan Social Media? Ada beberapa cara atau tips yang bisa anda jalani supaya mudah terhindar dari ketagihan atau kecanduan Social Media. Apa itu? Langsung saja simak di bawah ini.

1. Istirahatkan diri dan jauhi
Jauhkan diri dari semua bentuk social media. Nonaktifkan akun Facebook Anda, jauhi Whatsapp selama seminggu, sebulan. Kecuali untuk yang benar-benar penting. Lihat perubahan positif yang terjadi pada diri Anda.

Tentu Anda mungkin kelewatan tweet terbaru dari teman Anda, tetapi Anda akan mendapatkan banyak waktu dan kebebasan lain untuk diri Anda sendiri, Anda bisa lebih produktif, baik dengan keluarga dan teman-teman Anda dalam kehidupan nyata. Gunakan waktu untuk belajar hobi baru, melakukan sesuatu yang baru. Memperbaiki dan mengembangkan diri sendiri.

2. Gunakan filter situs dan blocker
Ada software untuk setiap browser yang dapat membatasi penggunaan situs tertentu, juga untuk menonaktifkan mereka sepenuhnya. Coldturkey adalah salah satu perangkat lunak tersebut yang dapat memblok situs tertentu. Gunakan software ini untuk kebutuhan Anda. Misalnya, mulailah mengatur penggunaan Facebook untuk periode terbatas dan lihatlah produktivitas Anda akan meningkat!

3. Jika tidak butuh, tapi perlu beli smartphone berfitur lengkap
Smartphone memudahkan akses Anda ke internet. Jika kecanduan social media Anda sangat buruk, mungkin sudah waktunya untuk downgrade ponsel Anda ke smartphone yang levelnya lebih bawah. 
 
Anda dapat memangkas penggunaaan ponsel hanya untuk hal-hal penting seperti panggilan telepon dan SMS. Plus, Anda sekarang memiliki baterai yang lebih tahan lama.

4. Rapikan daftar teman Anda
Cara menghindari kecanduan social media berikutnya adalah merapikan friend list Anda. Semakin banyak jumlah orang dalam daftar teman Anda, semakin besar daftar teman Anda, semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk membaca dan memeriksa kegiatan orang lain. 
 
Mungkin, saatnya untuk memangkas daftar itu ke angka yang wajar. Cukup temani yang Anda kenal saja.

Dengan tips Cara Mudah Menghindari Ketagihan Social Media di atas, mulailah hidup baru anda tanpa jejaring sosial. Gunakanlah Social Media sewajarnya atau seperlunya saja, jangan berlebihan supaya hidup anda tidak kacau.