30 September 2014

Tips Memilih Printer Sesuai dengan Kebutuhan

Tuntutan tugas kuliah maupun pekerjaan kantor menuntut seseorang  untuk membeli sebuah printer agar dapat mencetak hasil kerja dari komputer.

Namun banyaknya merk dan jenis printer membuat kita semakin bingung untuk memilih printer mana yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan. Hal ini lantaran kurangnya pengetahuan tentang jenis-jenis printer.

Tips Memilih Printer Sesuai dengan Kebutuhan

Karena itu, lewat artikel ini helloridwan akan memberikan gambaran serta apa saja jenis-jenis printer sebagai referensi  anda untuk bisa memilih printer sesuai dengan kebutuhan.
Apa saja itu? Silahkan simak ulasan di bawah ini.

1. Kebutuhan Tugas
Jika anda seorang mahasiswa, lebih baik menggunakan printer jenis All in One. Karena selain harganya yang cukup terjangkau, kemampuannya untuk mencetak juga cukup cepat dan kualitas yang cukup baik.

2. Kebutuhan Kantor
Sebuah kantor membutuhkan printer dengan kemampuan kecepatan cetak yang tinggi, karena dapat mempengaruhi produkitivitas perusahaan, semakin cepat proses pencetakan maka akan semakin tinggi pula produktivitas, begitupun sebaliknya.

Rekomendasinya pilih printer jenis Laser Jet, kemampuannya dalam mencetak jauh lebih cepat dibandingkan dengan printer jenis Ink Jet.

3. Kebutuhan Usaha
Bagi yang membuka usaha seperti toko atau jasa tiket pesawat, printer jenis Thermal Printer sangat cocok, karena printer ini selain cepat dalam proses pencetakan juga dapat mencegah kebisingan. Thermal Printer yang berkualitas bahkan ada yang tidak menimbulkan bunyi apapun.

Printer ini cocok untuk toko karena kebanyakan digunakan di beberapa tempat usaha seperti mesin antrian, mesin ATM, kios informasi, kasir dan masih banyak lagi.

4. Kebutuhan Fotografi
Seorang fotografi membutuhkan printer untuk mencetak hasil foto, sebaik apapun foto yang telah ditangkap dan sudah melalui proses pengeditan yang cukup menakjubkan akan tidak ada artinya (kecuali memang tidak untuk dicetak) apabila tidak didukung dengan printer yang cocok.

Printer yang paling cocok untuk fotografi adalah printer jenis Ink Jet. Alasannya karena printer Ink Jet memiliki Dpi dan ppm yang tinggi, lebih mudah mencetak gambar dan warna, dan mampu mencetak sampai kertas yang lebar dengan kualitas yang baik.

Meskipun mau tak mau, printer jenis ini memerlukan biaya operasional lebih mahal dan waktu cetak yang lebih lama. Bukan iklan namun sebagai rekomendasi, kebanyakan para pemilik usaha cetak foto lebih memilih printer merk epson, seperti epson R230, L200, hingga L800. Tentunya semakin mahal harga printer, hasil cetakan juga semakin berkualitas.

Untuk mempertahankan kualitas hasil cetak, lebih baik menggunakan tinta printer yang original dari produsen printer, harga memang lebih mahal. Apa boleh buat, demi hasil cetak yang lebih berkualitas.

Seperti itulah tips dan cara memilih printer sesuai dengan kebutuhan. Namun agar lebih hemat dalam penggunaan tinta yang jelas berpengaruh pada pengeluaran anda, lebih baik ketahui cara menghemat tinta printer. Selengkapnya di 7 Cara Efektif Menghemat Tinta Printer.

Namun jika ada masalah dengan cartridge, untuk mengetahui cara mengatasinya bisa baca di Cara Memperbaiki Katrid (Cartridge) Printer.