22 Agustus 2014

Tips dan Trik Menghemat Baterai Kamera DSLR

Traveling tidak lengkap jika kita tidak membawa kamera. Mengabadikan momen-momen liburan sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang di jaman modern seperti sekarang ini. Maka kamera adalah barang yang tidak bisa dinomerduakan saat kita akan melakukan kegiatan traveling khususnya liburan.

Namun, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan traveling liburan tidak bisa dipersingkat, memang siapa sih yang cepat bosan ketika kita melakukan liburan? Pasti butuh waktu untuk berlama-lama dong untuk me"refresh" diri kita dari kesibukan yang hampir semua orang merasa penat dibuatnya.

Kendala utama kita saat mengabadikan momen dengan kamera, seperti kamera DSLR atau kamera mirrorless adalah ketahanan baterai. Waktu yang kita habiskan selama seharian penuh, tidak cukup bagi sebuah baterai kamera untuk bertahan "menemani" kita berlibur.

Tips dan Trik Menghemat Baterai Kamera DSLR

Ada tips dan trik dalam menghemat baterai kamera, biasanya jika kita menggunakan kamera DSLR menengah sampai yang canggih dengan kapasitas baterai yang besar, cukup dengan satu baterai saja. Lain halnya jika kita menggunakan kamera mirrorless, compact atau ponsel dengan kapasitas baterai yang kecil akan lebih cepat habis.

Penyebab baterai sendiri cepat habis seperti misalnya kita sering sedikit-sedikit melihat-lihat gambar, LCD pada kamera akan bekerja, dan ini yang menyebabkan banyak terkurasnya daya baterai. Meski kita tidak berniat ingin melihat-lihat hasil cepretan, namun layar atau LCD kamera DSLR akan otomatis menampilkan hasil foto. Ini yang ikut serta dalam "pengurasan" daya si baterai.

Maka sebaiknya untuk menghemat baterai, matikan saja fitur image review. Dan apabila kegiatan masih panjang jangan melihat-lihat foto.

Faktor lain yang dapat memicu berkurangnya daya baterai adalah tingkat kecerahan layar, baiknya turunkan tingkat kecerahan ke tingkat 1 atau 2. Tetapi ingat, ini mempengaruhi gambar terlihat gelap. Oleh karena itu periksa gelap terang lebih akurat dengan membaca histogram.

Jika menggunakan DSLR, gunakan jendela bidik untuk membidik, jangan menggunakan LCD. Ini kebalikan dengan kamera mirrorless yang ada jendela bidik elektroniknya, lebih baik gunakan LCD karena jendela bidik menampilkan resolusi yang lebih tinggi sehingga mempercepat terkurasnya daya baterai.

Jangan melakukan pengeditan di kamera, seperti memberi efek. Ini jaga faktor yang menyebabkan baterai cepat habis. 

Yang terakhir jangan mematikan kamera apabila masih akan digunakan, lebih baik stand by saja. Karena jika dimatikan kemudia dihidupkan kembali, saat proses menghidupkan kamera daya baterai banyak tersedot.

Disarankan jika melakukan traveling, bawa baterai kamera cadangan 2 buah untuk kamera DSLR, dan untuk kamera mirrorless atau compact bawa 2-3 buah baterai.