24 Juni 2014

Cara Mengatasi Baterai Ponsel Android Cepat Panas

Bagi para pengguna smartphone android, pastinya pernah mengalami kepanasan pada perangkat ponsel androidnya yaitu, baterai. Hal ini terjadi ketika smartphone android di pakai melebihi ambang batas kemampuan spesifikasi ponsel android.

Penyebab baterai HP android cepat panas di antara lainya yaitu: Sinyal operator sangat lemah, Spesifikasi ponsel android kurang memadai, Umur baterai android sudah tua, dan Kerusakan elemen baterai android.

Cara Mengatasi Baterai Ponsel Android Cepat Panas

Untuk masalah ini, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara mengatasi baterai smartphone android cepat panas untuk anda. Nah, bagi anda yang ingin tahu cara mengatasi baterai cepat panas langsung saja simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai Ponsel Android Cepat Panas

1. Cek kualitas baterai

Kualitas baterai juga sangat berpengaruh terhadap cepat panasya perangkat. Dan biasanya jika baterai sudah berumur, akan lebih cepat habis dan sering men-charge. Parahnya lagi bila Anda menggunakannya sambil ber-WiFi ponsel pun cepat panas.

2. Percepat waktu pengisian

Caranya dengan melakukan pengisian baterai dengan keadaan smartphone mati. Sehingga waktu pengisian baterai lebih singkat. Jadi Anda sebaiknya tidak mengecas smartphone ketika menunggu telepon atau SMS penting. Anda juga dapat melakukan pengisian daya dengan cepat, dengan cara menggunakan Flight Mode atau Mode Terbang. Dengan cara ini waktu ngecas perangkat Android Anda akan lebih cepat.

Untuk mempercepat waktu pengisian baterai android anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yaitu "Du Battery", yang bisa anda download disini.

3. Selalu perhatikan kekuata jaringan ponsel

Bila Anda meletakkkan ponsel di ruangan tertutup akan mempengaruhi kualitas sinyal ponsel. Nah karena ponsel susah mendapat sinyal maka komponen akan bekerja lebih untuk mendapatkan sinyal kembali ke perangkat. Otomatis suhu tubuh ponsel kian meningkat.

Solusinya, carilah tempat terbuka yang memiliki kualitas sinyalnya baik dan stabil, Jangan gunakan ponsel Android anda berselancar didunia maya saat sinyal kurang baik.

4. Perhatikan Aplikasi yang berjalan di background

Pada perangkat Android, ada beberapa aplikasi yang tidak otomatis tertutup, meskipun Anda menekan tombol back atau kembali berulang kali. Faktor ini juga bisa membuat perangkat Android Anda cepat panas. Solusinya adalah Anda dapat mengeluarkan aplikasi itu dengan melakukan langkah sebagai berikut. Tekan Setting pilih Apps lalu pilih running. Dari situ Anda dapat menutup aplikasi dengan aman dan tidak bekerja lagi. 

Nah itulah tadi tips dan trik cara mengatasi baterai HP android cepat panas yang bisa saya sajikan untuk anda. Tips dan cara di atas saya peroleh dari pengalaman pribadi yang saya peraktekan pada handphone android saya.