6 Mei 2014

Tuntunan Lengkap Doa Dan Niat Puasa di Bulan Rajab

Puasa di Bulan Rajab - Bulan Rajab terjadi tepat pada bulan ke-tujuh dari tanggalan hijriyah, Di bulan rajab ini umat muslim di bolehkan berpuasa dan dimaksutkan untuk mempersiapkan diri atau rohani untuk menghadapi bulan puasa ramadhan.

Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad shalallah ‘alaih wasallam terjadi pada 27 Rajab, di mana beliau menerima perintah salat lima waktu. Dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tuntunan lengkap doa dan niat puasa di bulan rajab untuk anda.

Tuntunan Lengkap Doa Dan Niat Puasa di Bulan Rajab

Nah bagi anda para umat muslim yang ingin menindakan ibadah sunah puasa di bulan rajab, di bawah ini saya sajikan sebuah tuntunan lengkap doa-doa dan niat puasa di bulan rajab. Silahkan simak berikut ini.

Tuntunan Lengkap Doa Dan Niat Puasa di Bulan Rajab

Berikut adalah doa-doa niat puasa rajab yang bisa anda gunakan:

‘Ubaidullah bin Umar dari Za`idah bin Abu Ar Ruqad dari Ziyad An Numairi dari Anas bin Malik, ia berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki bulan Rajab, maka beliau berdoa,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Allāhummaa bārik lanā fī Rajab-a wa Shaʻbān-a wa balligh-nā shahra Ramaḍān-a

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan”. ( Hadis Riwayat Imam Ahmad dalam musnadnya (1/259), Ibnu Suniy dalam ’Amalul Yaum wal Lailah, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman (3/1399), An Nawawi dalam Al Adzkar (245)

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبْ سُنَّةً لِلِه تَعَالَى

NAWAITU SAUMA SYAHRI RAJAB SUNNATAN LILLAHI TA’ALA
“Saya niat puasa bulan Rajab, sunnah karena Allah ta’ala”

صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ

“Puasalah pada bulan-bulan Al Hurum (bulan Rajah, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, -Penerj.) dan hentikanlah (beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali).” HR. Abu Dawud no. 2428 dan didhaifkan oleh Al-Albani dalam Dhaif Abi Dawud)

Demikian Tuntunan Lengkap Doa Dan Niat Puasa di Bulan Rajab yang bisa saya sampaikan untuk anda semua para umat muslim. Dan semoga Tuntunan Lengkap Doa Dan Niat Puasa di Bulan Rajab ini bisa bermanfaat untuk anda.